Tanam 1000 Pohon Gerunggang, IPMPL Dipuji Ketua DPRD Prov Riau

Tanam 1000 Pohon Gerunggang, IPMPL Dipuji Ketua DPRD Prov Riau

Kabar Lingkungan - Mengusung tema “Gerakan Awal Penanaman Pohon Gerunggang” LSM Ikatan Pemuda Melayu Peduli Lingkungan (IPMPL) melakukan penanaman 1000 pohon Gerunggang di jalan Poros Desa Air Putih Kecamatan Bengkalis Kabupaten Bengkalis, Senin lalu.

Ketua DPRD Provinsi Riau Drs. H. Indra Gunawan Eet PhD saat acara itu mengatakan dukungan yang diberikan untuk berlangsungnya kegiatan ini merupakan bentuk komitmen pemerintah Provinsi maupun Pemerintah Kabupaten Bengkalis terhadap pemeliharaan lingkungan. Karena setiap Pemerintah memiliki tanggung jawab atas lingkungan yang ada disekitarnya.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Wakil Bupati Bengkalis H. Muhammad, ST, MP. Dandim 0303/Bengkalis diwakili Danramil 01/Bengkalis Mayor Arm Bismi Tambunan, SE. Polres Bengkalis diwakili Kapolsek Bengkalis AKP Maitertika, SH, MH. Kadis Lingkungan Hidup H. Arman.

Juga terlihat Camat Bengkalis diwakili Sekcam Bengkalis Rafli Kurniawan. Camat Bantan Drs. Sufandi, MP, Ketua LSM Ikatan Pemuda Melayu peduli Lingkungan Pasla, Kepala Desa Se Kec. Bengkalis dan Kec. Bantan. Perwakilan  PT. Rapp dan PT. Sinar Mas Prio Anggoro dan beberapa ormas serta masyarakat. 

"Kami akan terus mendukung kegiatan seperti ini apalagi ini tanah gambut yang merupakan lahan yang mudah terbakar dimusim panas. 

"Dengan suburnya pohon Gerunggang ini dapat menurut ahli ini sangat mencegah karhutla," kata dia.

Hal itu juga bagai mana perusahaan yang bergerak dibidang perkayuan agar mengantisipasi karhutla ada hal yang sangat penting bukan saja stake holder pemangku jabatan mulai dari camat desa pemerintah dan provinsi.

Ketua DPRD Provinsi Riau juga mengapresiasi LSM Ikatan Pemuda Melayu Peduli Lingkungan (IPMPL) dimana mereka telah mampu ikut melakukan upaya dalam tindakan pencegahan karhutla dengan cara membudidayakan pohon gerunggang dilahan gersang.

"Kita juga berharap pihak perusahaan ikut mendukung dalam kegiatan tersebut," terangnya.

"Saya berharap kepada pihak perusahaan ikut mendukung NJO yang melakukan kegiatan positif seperti yang telah dilakukan saat dalam tindakan pencegahan karhutla, bagaimana pun dukungan perusahaan adalah garda terdepan dalam mengatasi karlahut," lanjutnya.

Sementara itu Wakil Bupati Bengkalis, H Muhammad ST.MP mengungkapkan dengan adanya penanaman pohon gerunggang ini ia sangat mendukung penuh program ini karena menurut orang nomor dua di Kabupaten Bengkalis itu selain bisa mengantisipasi dari karhutla juga bisa meningkatkan perekonomian masyarakat.

"Kita harus berbangga dengan Kelompok LSM Ikatan Pemuda Melayu Peduli Lingkungan (IPMPL) yang telah mampu membudidayakan pohon gerunggang ini. 

Sehingga kedepannya kita akan mengupayakan daerah ini menjadi daerah konservasi dan akan terus dikembangkan dalam tanaman gerunggang agar bisa mencegah kebakaran lahan dan hutan dan bisa meningkatkan perekonomian warga.

"Tinggal lagi dukungan dari berbagai pihak sehingga para petani bisa terbantu untuk mengembangkannya," ungkap Wakil Bupati Bengkalis.

Terakhir Ketua LSM IPMPL Solihin menjelaskan bahwa pohon gerunggang yang telah ditanam saat ini sudah 48 Hektar dengan jumlah pohon dalam 1H 10 ribu pohon gerunggang yang sudah ditanam.

"Setelah ini kita akan melanjutkan kepada 40 kelompok  yang sudah terbentuk dengan jumlah lahan 2950 Hektar dengan jumlah masyarakat 1495 orang dengan pemberian bibit secara gratis sebanyak 150 ribu bibit," jelas Solihin. 

Solihin juga berharap dengan penanaman pohon gerunggang dilahan gambut nantinya bisa mengatasi terjadinya karhutla.**