Anak Yasonna Laoly Kembali Dipanggil KPK

Anak Yasonna Laoly Kembali Dipanggil KPK

Kabar Korupsi - Anak Menteri Hukum dan HAM (Menkum HAM) Yasonna Laoly bernama Yamitema T Laoly, disuratii penyidik KPK terkait kasus dugaan suap Wali Kota nonaktif Medan Dzulmi Eldin.

Sebelumnya dia juga saksi dalam kasus dugaan yang sama, dalam pemanggilan KPK, Yamitema disebut sebagai Direktur PT Kani Jaya Sentosa, namun infonya surat panggilan itu itu belum diterima wujud fisiknya.

Dalam pemanggilan KPK, Yamitema disebut sebagai Direktur PT Kani Jaya Sentosa. Namun Yasonna menyebut surat panggilan untuk anaknya itu belum diterima wujud fisiknya.

Eldin sendiri dijerat KPK sebagai tersangka setelah terjaring operasi tangkap tangan (OTT) pada Selasa, 15 Oktober lalu. Selain Eldin, KPK menetapkan Kepala Dinas Pekerjaan Umum Kota Medan Isa Anshari dan Kasubbag Protokoler Syamsul Fitri Siregar sebagai tersangka. Eldin diduga menerima suap total Rp 330 juta.

Duit itu diduga untuk menutupi kelebihan biaya perjalanan dinas ke Jepang yang ditagih kepadanya. Kelebihan dana Rp 800 juta itu diduga timbul lantaran istri dan anak serta pihak lain yang tak berkepentingan turut ikut ke Jepang.

"Dia dipanggil karena dia kan businessman juga tapi selama 3 tahun ini dia dalam urusan di Kota Medan dia nggak banyak terlibat bisnis," sebut Yasonna di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Senin (11/11/19).**