Ketua Forum Masyarakat Mencari Keadilan Dampak Jalan Tol Lae

Ketua Forum Masyarakat Mencari Keadilan Dampak Jalan Tol Lae

Kandis - Paku bumi atau yang dikenal juga sebagai tiang pancang berfungsi sebagai pondasi agar membuat suatu bangunan atau gedung dapat berdiri dengan kokoh. Tiang pancang merupakan bagian dari struktur bangunan biasanya ditempatkan di bawah tanah dan digunakan sebagai pondasi agar dapat mengurangi tekanan atau beban dari suatu konstruksi dan seluruh isinya.

Paku bumi atau tiang pancang ini umumnya dapat berbentuk beton maupun baja. Tiang pancang beton merupakan tiang pancang yang menggunakan beton. Sebaliknya, tiang pancang baja merupakan tiang pancang yang berbahan dasar dari besi baja biasanya menyerupai bentuk silinder. Tiang pancang ini berfungsi sebagai penahan gaya tegak lurus dari atas bangunan dengan menyalurkan tekanan melalui sumbu tiang pancang ke lapisan tanah di bawahnya. Tidak hanya itu, tiang pancang juga digunakan sebagai penahan gaya lateral pada bangunan seperti gempa bumi dan angin kencang.

Bentuk dari tiang pancang ini biasanya panjang dan langsing serta memiliki ujung berbentuk runcing, kerap kali orang melihatnya seperti rudal namun maksud lain dari bentuk tersebut agar dalam pemasangannya dapat langsung ditancapkan ke dalam tanah, seperti menancapkan paku menggunakan martil.

Menurut Ketua Forum Masyarakat Nunut Benny  Hasiholan Siregar, Pada kecamatan kandis yang sedang melaksanakan pembangunan jalan tol pekanbaru-dumai menggunakan pancang paku bumi ini menimbulkan beberapa masalah yang membuat masyarakat kandis mengalami beberapa kerusakan terhadap rumah mereka, antara lain : kontruksi rumah menjadi miring yang akan membuat rumah tersebut roboh dan sumur bor milik masyarakat semenjak ada proses pembangunan jalan tol menggunakan pancang paku bumi juga mengakibatkan kekeringan atau air tidak bisa keluar lagi dari sumur bor tersebut. 

Nunut Sebagai Masyarakat kandis berharap ada peran dari pemerintah dan tanggungjawab kontraktor agar masalah-masalah yang timbul akibat pancang paku bumi dapat diselesaikan dengan segera agar masyarakat merasa nyaman dan aman berada dalam rumah.