Letjen TNI Doni Monardo Ajak Semua Pihak Atasi Karhutla

Letjen TNI Doni Monardo Ajak Semua Pihak Atasi Karhutla

Kabar Lingkungan - Selain tanggungjawab pemerintah daerah, TNI, Polri, BPBD dan Manggala Agni, relawan dan instansi terkait, Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) RI Letjen TNI Doni Monardo menegaskan, dalam mewujudkan Riau Bebas Asap perlu mendapatkan dukungan dari semua pihak.

Selain Pemerintah Daerah dan Pemerintah Pusat namun semua stake holder harus ikut terlibat dalam melakukan pencegahan terhadap Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) di Riau ini.

"Jadi tidak hanya menjadi tanggungjawab pemerintah daerah, TNI, Polri, BPBD dan Manggala Agni, relawan dan instansi terkait. Kita semua harus memberikan kontribusi. Butuh kerjasama semua pihak, termasuk Mahasiswa," ungkap Doni saat memberikan kuliah umum di Gedung Sultan Balia, FISIP Universitas Riau, Selasa (5/11/19).

Selain itu kata Doni, peranan mahasiswa sangat penting dalam mencegah kebakaran hutan dan lahan di daerahnya masing-masing. Terutama pada saat melakukan kuliah kerja nyata (KKN) di pedesaan,untuk mencapai Riau Bebas Asap. 

Kita harus merubah perilaku sesuai dengan kearifan lokal, tentu akan sulit menanggulangi Karhutla di Riau, karena perilaku membakar lahan adalah perilaku yang kurang baik dan tidak terpuji,"ucapnya.

Seperti diketahui beberapa minggu belakangan Riau dan negara tetangga diselimuti kabut asap akibat Karhutla, bahkan akibat ini sekolahpun diliburkan, dan masyarakat banyak diserang penyakit.*Romi