Karyawan Swasta di Aceh Ditangkap Tuduhan Penipuan Proyek

Karyawan Swasta di Aceh Ditangkap Tuduhan Penipuan Proyek

Kabar Hukum - Diduga menipu seorang PNS di Aceh dengan modus pengurusan proyek, seorang karyawan swasta berinisial ES (39) ditangkap.

Direktur Reserse Kriminal Umum (DirReskrimum) Polda Aceh Kombes Agus Sarjito, mengaku, pelaku menjanjikan akan mengurus proyek untuk korban di Kementerian Desa (Kemendes).

"Korban diminta mengirim uang ke rekening pelaku hingga Rp 1,1 miliar," katanya, Jumat (1/11/19) pada awak media.

Kasus ini bermula pada akhir 2015 saat tersangka ES bertemu dengan korban Mah (51), PNS asal Banda Aceh. Dalam pertemuan tersebut, ES menawarkan pekerjaan berupa proyek dari Kemendes yang berlokasi di Sabang, Aceh.

ES kemudian meminta korban mengirim sejumlah uang dengan alasan untuk biaya pengurusan pekerjaan. Korban mentransfer uang ke rekening korban dengan total Rp 1,1 miliar melalui empat bank.

Dua tahun berselang atau tepatnya awal 2018, proyek yang dijanjikan tidak kunjung ada. Korban akhirnya meminta uangnya dikembalikan. Tapi ES kembali memberi janji palsu.

"Tersangka hanya memberikan janji-janji saja untuk pengembalian uang tersebut akan tetapi sampai dengan sekarang uang tersebut belum dikembalikan," jelas Agus.

Korban yang merasa ditipu membuat laporan ke Polres Sabang dengan nomor laporan LP.B/17/V/Res.1.11./2019/Aceh/Spkt/Res Sbg, tanggal 16 Mei 2019. Polisi turun tangan menyelidiki keberadaan pelaku.

ES akhirnya dibekuk personel Satreskrim Polres Sabang dibantu Unit Resmob Sat Reskrim Polres Jakarta Selatan saat berada di apartemennya. Dia ditangkap dinihari tadi sekitar pukul 01.20 WIB.

Pelaku ES kemudian dibawa ke Mapolres Jakarta Selatan untuk menjalani pemeriksaan. ES dijerat dengan pasal penipuan dan penggelapan.**