Pulang Kampung JK dan Istri Disambut Tradisi Adat

Pulang Kampung JK dan Istri Disambut Tradisi Adat

Kabar Nusantara - Setelah mengakhiri masa jabatannya mendampin gi Joko Widodo, Wakil Presiden RI ke-12 Jusuf Kalla (JK) pulang kampung dia tiba di kediamannya di Jalan Haji Bau, Kota Makassar, Sulsel, Sabtu (26/10/19).

Tradisi ini merupakan budaya dari masyarakat suku Makassar. Prajurit kerjaan Gowa zaman dulu sebelum berangkat perang terlebih dahulu harus mengucapkan sumpah setia (Angngaru) di depan Raja atau yang disebut Sombayya.

Seorang yang melakukan sumpah aru (sumpah setia/Angngaru) melakukannya dengan berlutut di hadapan raja dan posisi badan yang tegap. Dia lalu mengucapkan sumpahnya sambil tangan kanan memegang badik.

Politisi Golkar beserta istri ini disambut warga dengan tradisi masyarakat Makassar Angngaru, Mufidah Jusuf Kalla tiba di kediamannya d Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah hingga tokoh Sulsel Aksa Mahmud turut mendampingi JK dari Bandara Sultan Hasanuddin.

Iring-iringan rombongan JK tiba di kediaman sekitar pukul 09.20 WIB. JK turun dari kendaraan dan langsung disambut warga yang membuat berbaris di pinggir jalan.
Pj Wali Kota Makassar Iqbal Suhaeb bersama sejumlah warga menunggu JK di depan kediaman.

JK bersama Mufidah kemudian berhenti untuk menerima sambutan tradisi Angngaru. Angngaru artinya sumpah atau ikrar yang diucapkan abdi raja atau rakyat kepada rajanya.**