Kali ambe Kabupaten Bekasi Dipenuhi Sampah Kiriman

Kali ambe Kabupaten Bekasi Dipenuhi Sampah Kiriman

Kabar Lingkungan - Warga mengeluhkan banyak hal terkait tumpukan sampah di Kali Jambe Kabupaten Bekasi, kembali dipenuhi sampah. 

Kali Jambe di Desa Satria Jaya, Tambun Utara, Kabupaten Bekasi, itu terpantau penuh dengan hamparan sampah sepanjang 200 meter.

Terlihat berbagai jenis sampah. Mulai dari sampah styrofoam, kayu, batang pohon pisang, botol plastik, hingga selimut bekas.

Sekretaris Desa Satria Jaya, Muhammad Jamaludin, mengatakan pada wartawan sampah itu telah memenuhi Kali Jambe sejak 3 hari yang lalu. Ia menyebut sampah datang usai Kabupaten Bekasi diguyur hujan.

Salah seorang warga, Mantra, ketika ditemui di sekitar Kali Jambe, Desa Satria Jaya, Tambun Utara, Kabupaten Bekasi, Rabu (30/10/19), mengaku alami gangguan pernafasan karena bau yang menyengat dari tumpukan sampah.

Bukan saja dia, warga lainya, Tommy, juga mengeluhkan hal serupa. Bau yang dihasilkan dari tumpukan sampah Kali Jambe berpengaruh pada kualitas tidurnya.

Dia berkilah sampah kiriman itu datang menumpuk sejak tiga hari yang lalu. Walau sampah menumpuk sejak lama, Titi belum melihat sama sekali petugas kebersihan. "Belum. Cuman belum ditindak lanjuti," ujarnya.**