Kebakaran Hutan Petarangan Dataran Tinggi Dieng Padam

Kebakaran Hutan Petarangan Dataran Tinggi Dieng Padam

Kabar Lingkungan - Kebakaran di hutan Petarangan di dataran tinggi Dieng telah resmi dinyatakan padam hal ini dibenarkan ketua SAR Banjarnegara Aris Sudaryanto.

Untuk meluasnya sisa bibit api, petugas masih memantau lapangan dan mewaspadai terjadinya angin kencang, ancaman lain adalah adanya angin kencang yang bisa memicu munculnya kembali titik api.

"Titik api sudah padam tadi malam, tetapi saat ini masih ada asap dan bara api. Jadi potensi untuk kembali menyala masih ada. Makanya, saat ini petugas dan relawan terjun lagi untuk memastikan titik apa," katanya, Kamis (24/10/19).

 Saat ini sebagai antisipasi, petugas dan relawan membuat parit."Meski sekarang angin sudah tidak seperti hari kemarin, sudah lebih normal. Tetapi meski demikian, angin menjadi salah satu yang kita waspadai," kata Aris.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Banjarnegara Arief Rahman menambahkan puluhan hektare lahan hangus terbakar.

"Dampak lahan yang terbakar saat ini 46 hektare. Tetapi untuk jumlah pohon masih dihitung dan total kerugian masih dihitung," ujarnya.**