Hendro Pandowo Benarkan Polisi Lepas Tembakan Saat Demo di DPRD Sultra

Hendro Pandowo Benarkan Polisi Lepas Tembakan Saat Demo di DPRD Sultra

Kabar Sosial - Karo Provost Div Propam Mabes Polri Brigjen Hendro Pandowo membenarkan, ada tiga polisi yang mengeluarkan tembakan saat demo ricuh di gedung DPRD Sultra.

"Ada tiga orang yang menembak dari enam terperiksa saat ini," terang Hendro di Mapolda Sultra, Kendari, Kamis (17/10/2019).

Dikatakannya pula bahwa tembakan tersebut diarahkan ke atas dengan jumlah yang berbeda. Ketiga polisi itu melakukan tembakan peringatan ke udara. Nembak-nya ke atas, ada yang satu kali, ada yang dua kali," katanya.

Namun, saat ditanya siapa pelaku penembakan, Hendro belum bisa memastikan siapa pelakunya. Menurutnya, jika sudah ada yang mengaku, pengungkapan akan mudah dilakukan.

"Kalau mereka mengaku menembak itu mudah bagi kita untuk menemukan pengungkapan siapa tersangka tetapi di antara mereka hanya mengaku membawa," tuturnya seperti dilansir detikcom.

Enam terperiksa yang saat ini terus menjalani proses pemeriksaan, yakni DK, GM, MA, MI, H, dan E. Keenamnya diduga melanggar SOP karena membawa senpi saat pengamanan unjuk rasa.

Mereka yang tewas ialah Randi dan Yusuf Kardawi. Randi tewas akibat tertembak, sedangkan Yusuf tewas akibat hantaman benda tumpul. Demo ricuh di depan DPRD Sultra terjadi pada 26 September 2019. Dua mahasiswa UHO tewas saat demo berlangsung.**