Cokroaminoto Ajak Masyarakat Manfaatkan Pekarangan Rumah

Cokroaminoto Ajak Masyarakat Manfaatkan Pekarangan Rumah

Kabarriau.com, Bangkinang - Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Kampar menggelar Soosialisasi Teknologi Pemanfaatan Lahan Pekarangan di Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL)Kelompok Wanita Tani (KWT) 'Kenanga' Kelurahan Langgini Kecamatan Bangkinang Kota dengan peserta Forum Anak Kampar, Jumat (11/10/2019).

Acara sosialisasi ini dihadiri Kadis Ketahanan Pangan Kampar ir.H Cokroaminoto,MM beserta jajaran, Kabid Perlindungan Anak DPPKBP2A Satiti Rahayu,pemateri Hj.Ramna Martina selaku pendamping Kelompok Tani Kenanga dengan peserta dari Forum Anak Kampar.

Dikatakan Cokroaminoto, 
program KRPL ini dengan menghimpun Ibu - Ibu dalam wadah kelompok tani, Kelompok Wanita Tani ini nanti akan memanfaatkan pekarangan yang mereka miliki masing - masing," ujarnya.

"Dikawasan KRPL yang dikelola kelompok tani Kenanga ini ada satu unit Green House akan menghasilkan benih atau bibit yang diperlukan untuk ditanami dilahan pekarangan, seperti Terong, Cabe, Tomat, Brokoli dan banyak lagi," jelasnya.

Alhamdulillah Kawasan Rumah Pangan Lestari kelompok tani wanita Kenanga sudah berjalan dengan baik, seperti yang kita lihat disetiap rumah para anggota sudah menanam  sayuran dan sebagainya di pekarangan mereka,"ucap Kadis lagi.

Ditambahkan Cokro, Kedepannya Pemkab Kampar akan menjadikan perioritas pembangunan di desa melalui Dana Desa, kita akan mencoba menerapkan program KRPL atau desa mandiri Pangan di setiap desa,"terangnya.

Sementara itu ketua Kelompok Tani Kenanga mengatakan, sebenarnya KWT ini sudah lama terbentuk, berawal dari rasa keprihatinan harga barang - barang kebutuhan di pasar mahal. Lalu timbul ide kenapa kita tidak memanfaatkan lahan pekarangan kita," tuturnya.

"Dengan adanya KRPL ini sangat tetasa sekali manfaatnya, kapan ibu - ibu perlu sayur tidak petlu ke pasar lagi karena sudah tersedia disini serta bisa mengefesiensi waktu kita,"imbuhnya.

Dengan adanya acara sosialisasi ini kita berterima kasih kepada Kadis Ketahanan Pangan dan jajaran yang telah mensuport kami dan membuat kami bertambah semangat untuk mengembangkannya," tandasnya.

(Won)