Bagi-bagi PL Tak "Merata" Kontraktor Lokal di Bengkalis Menjerit

Bagi-bagi PL Tak "Merata" Kontraktor Lokal di Bengkalis Menjerit

Kabar Daerah - Dinas atau pun di SKPD terkait Penunjukan Langsung (PL) mencapai ratusan paket, dengan nilai ratusan miliar rupiah di Kabupaten Bengkalis diduga terkesan formalitas menghabiskan anggaran APBD belaka, hal ini membuat sejumlah rekanan di negeri junjung ini kecewa karena dinas memilih bungkam saat ditanyakan mengenai proyek tersebut.

Ketua DPC LSM Penjara Hendri Irawan, SH mengaku setiap musim proyek di Kabupaten Bengkalis, Riau sudah bisa dipastikan kalau banyak proyek justru seperti menghilang ke rekanan tertentu yang notabenenya adalah tim sukses.

"Informasi yang beredar, menjelang pengerjaan proyek seperti saat ini, tiba-tiba banyak rekanan kesulitan mendapatkan PL. Akibatnya, para rekanan yang tidak punya akses khususnya ke kepala dinas (Kadis) atau ke orang dalam, dipastikan tidak bisa memperoleh pekerjaan sesuai keahliannya," katanya, Senin (7/10/19). 

Sementara itu, proyek yang ada di beberapa proyek PL dengan nilai sangat besar seperti di Dinas Pendidikan Bengkalis, Dinas Perumahan Pemungkiman dan Pertanahan Bengkalis dan di Dinas lain-lainnya seperti ditelan bumi, namun proyek itu ada dan dikerjakan oleh warga "keturunan". 

"Para rekanan yang jadi langganan Dinas itu sudah mendapat puluhan paket PL bahkan, ada yang dapat jatah melebihi tiga PL di setiap dinas atau malahan lebih dari itu, sementara kontraktor lokal melongo," pungkasnya*Romi.