IDAI; Diabetes Pada Anak Jangka 10 tahun Terakhir Meningkat

Rinaldi S
Share :
idai-diabetes-pada-anak-jangka-10-tahun-terakhir-meningkat

Kabar Kesehatan - Berdasarkan data Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI), angka diabetes pada anak usia 0-18 tahun mengalami peningkatan dalam jangka waktu 10 tahun.

Diabetes tipe-1 merupakan penyakit autoimun yang disebabkan oleh kerusakan pankreas, sehingga mengakibatkan defisiensi insulin absolut.

Ketua Umum Pengurus Pusat IDAI, dr Aman Bhakti Pulungan, dalam temu media di Kementerian Kesehatan, Jakarta, Rabu (31/10) membenarkan anak-anak memang paling umum (untuk diabetes tipe-1), sementara tipe-2 pendataannya saat ini sulit.

Diabetes melitus dianggap sebagai penyakit yang hanya bisa diidap orang dewasa itu sejak September 2009 hingga September 2018, tercatat sebanyak 1.213 kasus diabetes tipe-1.

Dalam kurun waktu 2014-2018 saja di Rumah Sakit Ciptomangunkusumo (RSCM), ada lima pasien diabetes anak, kalau ditinjau dari 34 provinsi di Indonesia, diabetes pada anak terbanyak berada di DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Timur, dan Sumatera Selatan untuk diabetes tipe-1.

Belum diketahui pasti apa yang menyebabkan diabetes pada anak, apalagi penelitian ilmiah yang menyoroti kasus diabetes pada anak pun terbilang jarang.**


Berita Terkait

Share:
Komentar Via Facebok :