Tingkatkan Perekonomian Masyarakat, Kades Pulau Lawas Gali Potensi Wisata Batang Mobau

Tingkatkan Perekonomian Masyarakat, Kades Pulau Lawas Gali Potensi Wisata Batang Mobau

Kabarriau.com, Bangkinang - Menggeliatnya sektor Pariwisata di Kabupaten Kampar saat ini memacu semangat setiap desa untuk menggali potensi wisata yang ada di daerahnya masing - masing.

Seperti Desa Pulau Lawas Kecamatan Bangkinang yang saat ini lagi gencar - gencar nya membangun objek wisata bernuansa air yang diberi nama Batang Mobau yang terletak dipinggiran Sungai Kampar dan tidak  jauh dari Jembatan Water Front City Bangkinang.

Andri Nuras,SH Kepala Desa Pulau Lawas saat dijumpai di lokasi objek wisata Batang Mobau Rabu sore (2/10)2019) menyampaikan, sesuai dengan kondisi alam letak desa kami, setelah melalui musyawarah bersama tokoh masyarakat lalu kami memutuskan untuk membangun objek wisata dipinggir Sungai Kampar untuk meningkatkan perekonomian masyarakat," ujar Andri.

"Kalau kita lihat untuk Pendapatan Asli Desa (PAD) yang paling produktif di desa kami adalah objek wisata air dan ini bekerjasama dengan BUMDes, setiap yang menghasilkan kita minta BUMDes yang membiayainya," imbuhnya 

Ditambahkan Andri, kita menargetkan desa kita  bisa menjadi desa percontohan di Kabupaten Kampar khususnya sektor Pariwisata, apalagi nanti di bulan November ini ada perhelatan MTQ tingkat Provinsi Riau dan kita berharap agar Batang Mobou ini dijadikan salah satu tempat alternatif atau pilihan karena kita menyiapkan wahana wisata air disini," jelasnya lagi.

Selain itu kita sudah meminta kepada Dinas PUPR Kampar agar bisa membangun Dermaga di  daerah Water Front City untuk mendukung objek  wisata Batang Mobau ini," harap Kades.

Sementara itu Sayman tim Asistensi dari Dinas PMD Provinsi Riau yang berkunjung langsung melihat objek wisata Batang Mobau mengatakan, secara umum banyak potensi wisata yang bisa digali di Kabupateb Kampar seperti objek wisata Batang Mobou yang sedang digalakkan oleh Pemerintah Desa,"tuturnya.

"Kita memberi apresiasi kepada Kades Pulau Lawas karena mampu menginisiasi potensi yang ada untuk menjadi instrumen menarik Pariwisata menjadi gerbong pertumbuhan ekonomi di desanya," katanya lagi.

Kedepannya Pemerintah Desa harus terus berkonsultasi dengan Pemkab dan juga Provinsi untuk bagaimana pengembangan sektor Pariwisata ini selanjutnya, agar ini bisa terus bertahan yang diperlukan adalah sinetgisitas semua pihak," pungkasnya.

(Man)