Resmi Dilantik

Kapolda Riau Baru Diharapkan Prioritaskan Usut Karhutla dan Korupsi

Kapolda Riau Baru Diharapkan Prioritaskan Usut Karhutla dan Korupsi

Kabar Polisi - Kapolri Jenderal Tito Karnavian pagi ini Senin (30/9/19) resmi melantik tiga kepala kepolisian daerah (kapolda)  yang baru dirotasi baru-baru ini., salah satunya Kapolda Riau yang baru Irjen Agung Setya Imam Effendi.

Mereka yang resmi dilantik menduduki posisi jabatan strategis itu mengucapkan sumpah untuk selalu setiap kepada NKRI, Pancasila dan Undang-Undang Dasar (UUD) 1945.

Perubahan jabatan ini sendiri tertuang dalam surat telegaram Kapolri bernomor: ST/2569/IX/KEP/2019 Jumat 27 September 2019 dengan ditandatangani oleh Asisten SDM Kapolri Irjen Eko Indra Heri S.

Ketiga jabatan baru itu adalah Kapolda Papua, Kapolda Riau, dan Kapolda Sulawesi Tenggara atau Sultra. yang mana Ketiga wilayah hukum Kepolisian itu sekadar diketahui belakangan mengalami peristiwa yang menyedot perhatian publik.

Upacara serah terima jabatan dihadiri sejumlah perwira tinggi Korps Bhayangkara di Rupatama Mabes Polri, Jakarta Selatan, Kabareskrim Polri Komjen Idham Azis, Kabarhakam Polri Komjen Tjondro Kirono, Kabaintelkam Polri Komjen Agung Budi Maryoto, Irwasum Polri Komjen Moechgiyarto, Kakorlantas Polri Irjen Refdi Andri, dan Kadiv Humas Polri Irjen Mohammad Iqbal.

Pada pelantikan, untuk posisi Kapolda Papua yang tadinya diisi oleh Irjen Rudolf A. Rodja akan diganti oleh Irjen Paulus Waterpau, Rudolf mendapat jabatan baru, yakni sebagai Analisa Kebijakan Utama Bidang Sabhara Baharkam Polri. 

Sementara Ketua LSM Penjara Indonesia Prov Riau, Dwiki Zulkarnain berharap Kaplda Riau yang baru lebih agresif dalam memberantas sejumlah kasus di Riau, terutaa dalam penaganan Karhutla dan menekankan pada bawahan mengusut kasus Korupsi di Riau khusunya kota Pekanbaru.

"Kalau masalah Karhutla dan Korupsi kita harap Kapolda baru jangan 'mandul,' dan harus menjadi prioritas," katanya, Senin (30/9/19).**