Ledakan Pompong Pengangkut BBM di Sungai Kampar Kembali Terjadi

Ledakan Pompong Pengangkut BBM di Sungai Kampar Kembali Terjadi

Kabar Persitiwa - Sebuah kapal motor kayu (Pompong) yang mengangkut tiga ton BBM jenis premium, meledak dan terbakar di Perairan Sungai Kampar.

Kejadian yang ke 2 kali ini terjadi tepatnya di Desa Sungai Mas Kecamatan Kuala Kampar, Kabupaten Pelalawan, Riau, sekira 18.30 WIB, Minggu (28/10/18), sebelumnya pompong serupa juga penah meledak di Pangkalankerinci yang menewaskan pemilknya.

Kejadian kali ini meski tidak menimbulkan korban jiwa, namun dua Anak Buah Kapal (ABK) bersama empat awak lainnya, dikabarkan mengalami luka bakar serisu disekujur tubuhnya.

Dua ABk itu diketahui bernama Aldi (20) dan Rijal (20) warga Segamai Timur, Teluk Meranti, Pelalawan, Riau keduanya mengalami luka bakar disekitar 15 persen di sekujur tubuhnya.

Sementara penumpangnya Anto (27Th) pegawai Puskesmas Kuala Kampar dan Rijal (34) tahun selaku Nakhoda Kapal yang juga warga Desa Segamai Teluk Meranti, selamat dari ledakan itu.

"kami lompat pak saat kejadian, pada saat api hendak membesar sebelum ledakan," kata Anto, Rabu (31/10/18) melalui telpon.

Sebelum peristiwa tersebut terjadi, keempat awak kapal pada Jumat 26 Oktober 2018, sekira pukul 19.00 WIB malam, membawa bahan bakar premium dari Teluk Meranti sebanyak 3 ton yang dimuat dalam baby tank masing-masing berukuran 1 ton untuk dibongkar di Desa Sungai Mas Kecamatan Kuala Kampar.

Tak lama kemudian kapal baru hendak merapat di Desa Sungai Mas, tiba-tiba BBM yang diangkut meledak dan terbakar serta mengakibatkan seluruh badan kapal terbakar habis.

Saat ini mereka sedang di rawat di Puskesmas Kuala Kampar, sedangkan Rizal dan Anto selamat dari ledakan tanpa menderita luka bakar.**Jho