Ketua RW 06, Bahri Ritonga

Warga Perumahan Telaga Surya Siap Juarai Pemukiman Sehat Nasional

Warga Perumahan Telaga Surya Siap Juarai Pemukiman Sehat Nasional

Kabar Sosial - Dalam rangka untuk menyukseskan program Kabupaten Kota Sehat KKS, warga perumahan Telaga Surya, kelurahan Tanjung Uban Utara, kecamatan Bintan Utara, Kabupaten Bintan, Kepulauan Riau (Kepri) siap menjadi pemukiman percontohan untuk pemukiman sehat.

Kesiapan ini disampaikan oleh Ketua RW 06 Perum Telaga Surya, kelurahan Tanjung Uban Utara, kecamatan Bintan Utara, Bahri Ritonga, saat ditemui ketika sedang melakukan gotong royong bersama wargannya, Minggu (08/09/19).

Perumahan Telaga Surya termasuk Perumahan yang lama di kecamatan Bintan Utara Kabupaten Bintan, dengan memiliki empat Rukun Tetangga (RT) yang dihuni warganya oleh banyak suku dan Asal daerah.

"Perum Telaga Surya sendiri di tunjuk sebagai Perumahan Sehat dalam program Pemukiman Sehat sebagai yang diikutkan dalam kontes Kabupaten Kota Sehat Tingkat Nasional," kata Bahri Ritonga, Minggu (8/9/19).

Juga Ritonga menerangkan Perumahan Telaga Surya ini memiliki kegiatan program pemerintah baik dalam kegiatan PKK dan pemberdayaan perekonomian emak-emak.

"Disampimg itu Perumahan Telaga Surya adalah Perumahan yang selalu aktif mengadakan Gotong Royong dan Ronda Malam yang merupakan ciri khas dari budaya masyarakat Indonesia dalam kehidupan bermasyarakat dan bertetangga, artinya 'daerah kita beda tapi Kita sama' tentunya dengan berbagai latar belakang dan agama yang diyakini masing-masing," jelas Ritonga.

Ritonga mengaku dengan perbedaan maka ada persatuan, "pokoknya kita NKRI," lanjutnya.

Sebagai Perumahan yang di tunjuk untuk mewakili beberapa peserta seluruh pemukiman sehat di Kabupaten Bintan, maka ketua RW dengan membimbing lebih menyiapkan diri untuk menyukseskan program tersebut sesuai dengan himbauan ketua Umum Forum Kabupaten Sehat kabupaten Bintan, Ibu Hj Deby Maryanti dimana beliau menargetkan penghargaan.

"Kabupaten Sehat Tingkat Nasional dengan kategori Wistara (pengembangan) bagi kabupaten Bintan Isyaallah akan diraih Bintan," katanya. 

Sementara itu Lurah Tanjung Uban Utara, kecamatan Bintan Utara Sudiman yang ikut dalam Gotong royong di perumahan Telaga Surya itu menyampaikan bahwa khusu di kelurahan Tanjung Uban Utara, ada 2 lokasi yang di ikutkan dalam Program KKS tingkat Nasional.

"Dalam bidang pemukiman sehat di tunjuk Perum Telaga Surya dan untuk Katagori Pariwisata di Tunjuk Kampung Bugis Sakera yang lokasinya di pinggir pantai," pungkasnya.**Asyri