Wuih, Jadi Wapres Sandiaga Janji Masuk Tol "Gratis"

Wuih, Jadi Wapres Sandiaga Janji Masuk Tol "Gratis"

Kabar Politik - Sandiaga Uno berjanji bakal menggratiskan jalan tol yang sudah habis atau balik modal kalau nanti dia dan Calon Presiden Prabowo Subianto terpilih.

Pembebasan tarif jalan tol bisa dilakukan jika masa konsesi tol sudah alias sudah habis atau balik modal, tentu antinya investor tol akan mengembalikan jalan yang menjadi aset negara itu kepada pemerintah.

"Kalau kami terpilih jalan yang sudah menjadi milik pemerintah digratiskan untuk masyarakat," jelasnya, Rabu (31/10/18).

Prosedurnya, jika masa konsesi jalan tol telah selesai, BPJT mengambil alih dan akan merekomendasikan pengoperasian selanjutnya kepada Menteri, Jalan tol yang telah selesai masa konsesinya ditetapkan oleh Menteri atas rekomendasi BPJT menjadi jalan umum tanpa tol.

Hal ini dikatakannya, sesuai Pasal 50 ayat 7 Undang-undang Nomor 38 Tahun 2004 tentang Jalan, Pemerintah berhak menetapkan status jalan tol yang konsesinya berakhir sesuai dengan kewenangannya.

"Kewenangan tersebut diatur lagi dalam Pasal 50 dan 51 Peraturan Pemerintah Nomor 15 Tahun 2005 tentang jalan tol," katanya.

Dalam beleid tersebut dituliskan, ruas jalan tol alternatifnya dapat digunakan sementara menjadi jalan umum tanpa tol. Penetapan ruas jalan tol menjadi jalan umum tanpa tol sebagaimana dimaksud dilakukan oleh Menteri.**