Wako Tanjungpinang Lepas Gudep Pramuka SDN 017 Bukit Bestari

Wako Tanjungpinang Lepas Gudep Pramuka SDN 017 Bukit Bestari

Kabar Pendidikan - Walikota Tanjungpinang juga selaku ketua Mabicab Tanjungpinang, H. Syahrul. S.Pd selaku ketua Mabicab Tanjungpinang melepas Gugus Depan (Gudep) Pramuka SDN 017 Bukit Bestari, di pangkalan SDN 017 Bukit Bestari Jl. Pramuka Tanjungpinang, Rabu, (4/9/19) pagi.

Pelepasan ini sekaligus menggelar syukuran dan pelepasan gugus depan unggul pada festival penggalang ceria tingkat Nasional 2019.

Dalam sambutannya mengatakan, Kepramukaan sebagai pendidikan non formal memiliki tujuan yang searah dengan tujuan pendidikan nasional, bahkan dapat menjadi pelengkap bagi pendidikan nasional. Tujuan pendidikan nasional yang menitikberatkan pada aspek karakter melalui penguatan pendidikan karakter
dapat didorong melalui pendidikan kepramukaan berbasis di gugus depan yang ada di kota Tanjungpinang.

"Dengan terpilihnya Gudep SD 017 Bukit Bestari sebagai perwakilan Provinsi Kepulauan Riau, untuk kedepannya ini juga akan menjadi motivasi bagi gugus-gugus lain, penggalang unggul terpilih yang ada di tingkat SD Kota Tanjungpinang tidak terlepas dari sinergitas kepala sekolah, guru, wali murid, sehingga dalam pelaksanaan, terkawal, dan berjalan lancar," ungkapnya.

Syahrul berharap khususnya kepada kepala sekolah untuk berkomitmen memasyarakatkan Pramuka. "Semoga kedepannya Pramuka terus hidup di Kota Tanjungpinang, adapun mestinya kegiatan pramuka menjadi ekstrakurikuler wajib di masing-masing sekolah," tutup Syahrul.

Kepala SD 017 yang merupakan Ketua Majelis Pembimbing Gugus (Kamabigus), Safaruddin S.Pd dalam laporan kegiatan mengatakan peserta Pramuka unggul penggalang ceria tahun 2019 yang akan diberangkatkan, terdiri penggalang putra, 8 orang, penggalang putri 8 orang, kamabigus 1 orang, pembina 6 orang , perwakilan orang tua 2 orang, jumlah rombongan Kontingen yang berangkat berjumlah 25 orang.

Adapun festival penggalang cerita sekolah dasar tingkat nasional 2019 di laksanakan 8-13 September 2019  bertempat di Grand Mulya Bogor resort & convention hotel.

Pramuka Penggalang akan berkompetisi dalam rangkaian lomba keterampilan
melalui Festival Penggalang Ceria terdiri dari Lomba Tata Laksana Perkemahan, Lomba Pionering Projek, Gapura Perkemahan, Lomba Hasta Karya, Sketsa Panorama, Kompas, Lomba Kemampuan Indera Manusia, Lomba Penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK), Lomba Teknologi Tepat Guna, Lomba Sandi dan Isyarat, Lomba Membuat Poster, Lomba Kemampuan Ilmu Menaksir, Lomba Yel Ceria
Lomba Sirkuit Ketangkasan, Lomba Menulis Logbook, dan Kuis Sirkuit Ketangkasan.

Acara turut dihadiri, Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Kota Tanjungpinang, Hj Rahma, S.IP, Kadis Pendidikan, Drs. H. Atmadinata, M.Pd, Camat Bukit Bestari, Faisal Pahlevi, S.STP, Lurah Tanjung Ayun Sakti, M. Septian, S.STP, wali murid dan para undangan.**