Bangunan Peninggalan Bersejarah yang Ditemukan di Lamongan Masih Diteliti

Rinaldi S
Share :
bangunan-peninggalan-bersejarah-yang-ditemukan-di-lamongan-masih-diteliti

Kabar Budaya - Tim dari BPCB Trowulan Jatim kembali merasa perlu melakukan proses ekskavasi tahap kedua pada bangunan peninggalan bersejarah yang ditemukan di Lamongan, tepatnya di Dusun Montor, Desa Pataan, Kecamatan Sambeng.

Guna menemukan kerangka bangunan bersejarah yang diduga kuat candi tersebut, tim melibatkan setidaknya 16 tenaga penggali dari BPCP Trowulan Jatim dengan dibantu sebanyak 11 tenaga penduduk lokal.

Sebenarnya, proses ekskavasi tahap kedua ini harusnya selesai Mingg (28/10/18) kemarin. Dengan pada proses kedua, mereka memfokuskan pada bangunan di sekitar area yang ditemukan awal.

Proses ekskavasi lanjutan, usai peninggalan bersejarah tersebut ditemukan pada 2013 silam. Petugas dari Badan Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Trowulan Jawa Timur, menyebutkan selama 12 hari, mereka melakukan penggalian yang dilakukan di tempat yang mengandung benda purbakala tersebut, guna menggambar sekaligus menentukan jenis bangunan peninggalan sejarah apa yang ditemukan di tempat tersebut.

"Tapi karena kami merasa ada yang kurang untuk bahan menggambar, akhirnya kami kembali lagi menuntaskannya hari ini," ujar salah seorang petugas teknis dari BPCB Trowulan Jatim, Saiful, Selasa (30/10/18).

Ia menceritakan, yang sepintas terindikasi sebagai gapura atau bentar, meski ini masih akan dipastikan lagi. Ini penting, supaya tahu dan memudahkan dalam proses menggambar bangunan bersejarah ini.

"Kami juga menggunakan theodolite untuk mengukur luas tanah, dengan dibantu drone untuk memberikan gambaran dari udara, sebab kalau hanya menggandalkan drone saja, jelas kurang akurat," beber Saiful.**


Berita Terkait

Share:
Komentar Via Facebok :