Pangkalan Kerinci Dikepung Kabut Asap, Kebakaran Berjarak 3 KM Dari Kantor Bupati

Pangkalan Kerinci Dikepung Kabut Asap, Kebakaran Berjarak 3 KM Dari Kantor Bupati

Kabar Lingkungan - Kota Pangkalan Kerinci hari ini dikepung kabut asap tebal yang berasal dari kebakaran lahan dibeberapa titik lokasi di sekitar Kota Pangkalan Kerinci, api terdeteksi dipinggir jalan Lintas Sumatera, tepatnya di Tanjung Raya, yang apinya terlihat dari kanto Bupati Pelalawan.

Kalau dilihat sore hari kota Pangkalan Kerinci seperti negeri diaatas awan karena tebalnya kabut asap. Tak ayal sejumlah warga mengaku sesak nafas dan sakit ISPA.

Dari pantauan ada beberpa titik api. Di Jalan Lintas Timur menuju jembatan, di belakang jalan lingkar Mas, kualo dan jalan langgam, Semua lokasi titik api berada di wilayah kota Pangkalan Kerinci.

"Api sudah hidup Dilshan sawit warga itu sudah 3 hari tapi tak kunjung padam," kata penjaga SPBU di dekat lokasi itu.

Walau Kapolres Pelalawan telah menghimbau dan bahkan menjajikan imbalan kepada siapa saja masyarakat yang dapat menangkap pelaku pembakar lahan dengan uang sebesar Rp 5 Juta namun tidak satupun terdengar laporan warga terhadap pihak Kepolisian, namun menurut warga secara gamblang Polisi bisa memulai penyidikan dari si Pemilik lahan yang terbakar.

Saat ini kalau dipantau majah-wajah aparat Kepolisian Polres Pelalawan dan TNI termasuk pemadam lainnya muka mereka terlihat keletihan akibat lembur memadamkan titik api, warga berharap kebakaran hutan dan lahan tidak menjadi musim setiap tahun.

"Semoga kebakaran lahan ini tidak menambah musim ditahun depan," kata Solihin warga Tanjung Raya.**