Gubri Diminta Segera Beritndak

Kota Pekanbaru Dikepung Kabut Asap Kebakaran Hutan

Kota Pekanbaru Dikepung Kabut Asap Kebakaran Hutan

Kabar Lingkungan - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) pada Jumat (2/8/19) catat di Pelalawan, Riau hotspot terbanyak di Provinsi Riau, ditambah kebakaran Dilahan PT Arara Abadi di daerah sekitar Pangkalan Kuras.

Kepala BMKG Stasiun Pekanbaru, Marzuki.mengaku Titik panas (hotspot) dengan tingkat kepercayaan di atas 50 persen di Riau ada 54 titik.

"Tersebar di Pelalawan 23 titik, Rokan Hilir 9 titik, dan Indragiri Hilir 7 titik," katanya.

Selanjutnya ulas Marzuki, di Bengkalis 2 titik, Kuansing 1 titik, Dumai 2 titik, Kepulauan Meranti 1 titik, Siak 4 titik, dan Indragiri Hulu 5 titik.

Hanya saja hotspot Riau jelasnya, level confidence di atas 70 persen ada 32 titik. Dengan Bengkalis 1 titik, Pelalawan 15 titik, Rokan Hilir 7 titik, Kepulauan Meranti 1 titik, Siak 1 titik, Indragiri Hilir 4 titik, dan Indragiri Hulu 3 titik.

Siang ini Riau juga diprediksi minim peluang hujan. Suhu udara diprediksi cukup terik maksimal bisa mencapai 34 derajat celcius, sementara sejumlah daerah di Riau diselimuti kabut asap.

Warga Pekanbaru dan Pelalawan minta Gubernur Riau untuk segera memerintahkan Pemerintah Daerah membagikan masker pada warga.**