Formasi Riau Terganjal Izin Masuk MM Pantau Sungai Ditanam sawit

"Jangan Mimpi" CPO Indonesia Masuk Eropa Sebelum Perusahaan Taat UU

"Jangan Mimpi" CPO Indonesia Masuk Eropa Sebelum Perusahaan Taat UU

Kabar Lingkungan - Atas dugaan perambahan Daerah Aliran Sungai (DAS) oleh PT Musim Mas (MM) yang saat ini diduga sengaja ditutupi oleh perusahaan, dimana ini tidak akan menyelesaikan masalah untuk lancarnya expor Crude Palm Oil (CPO) Indonesia ke Eropa.

Menurut anggota DPRD Prov Riau Sugianto, jangan mimpi Eropa terima minyak kelapa sawit atau Crude Palm Oil (CPO) Indonesia kalau perusahaan di Indonesia masih "berbohong" melakukan sejumlah pelanggaran dan perusakan lingkungan seperti menanam sawit di pinggir sungai dan pelanggaran UU lingkungan.

"Kita menyayangkan ulah oknum pengusaha sawit yang nakal dan tidak taat menjaga lingkungan yang saat ini menyengsarakan petani sawit di Indonesia, karena katanya hancurnya harga minyak kelapa sawit Crude Palm Oil (CPO) dan pencekalan minyak CPO di Eropa membuat harga sawit petani hancur," katanya, Selasa (30/7/19).

Sebelumnya, Direktur Formasi Riau, DR. Muhammad Nurul Huda, SH, MH, menyangkan sikap menajemen PT. Musim Mas Pelalawan yang terkesan menutup diri pada masayarakat.

Pasalnya ketika Formasi Riau ingin melihat aliran sungai yang melewati kebun kelapa sawit perusahaan tersebut, tetapi ketika formasi Riau ingin meminta izin melihat kepatuhan dan ketaatan PT. MM terhadap aliran sungai dengan melewati kebun sawitnya, salah satu menajemen PT. MM menjawab agar meminta izin terlebih dahulu ke pimpinan.

"Formasi Riau sebenarnya ingin melihat kepatuhan dan ketaatan PT. Musim Mas atas aliran sungai yang melewati areal perkebunan kelapa sawit mereka. Aliran sungai-sungai tersebut antara lain Sungai Pantan, Pelintai dan Sungai Sinduan. Kami dari Formasi Riau menganggap ini merupakan tindakan yang tidak bersabahat untuk memastikan lingkungan yang lebih baik dan berkelanjutan," kata Direktur Formasi Riau kepado wartawan, Selasa.

Menurutnya juga bahkan salahsatu menajemen PT. MM mengatakan mereka siap jika mereka salah untuk buktikan saja kesalahan tersebut. "Atas jawaban salah satu menajemen Musim Mas tersebut, formasi Riau akan mengambil solusi yang terbaik, karena ini tanggungjawab sosial kami kepada masyarakat," katanya.

Dikonfirmasi humas Musim Mas Ibrahim, bahwa Formasi Riau belum ada konfirmasi pada dirinya bahwa Formasi Riau melihat sungai.**Ajho