KPUdi Bandung Susun Anggaran Pilkada Serentak Jabar

KPUdi Bandung Susun Anggaran Pilkada Serentak Jabar

Kabar Politik - KPU Jawa Barat (Jabar) kini tengah melakukan berbagai persiapan termasuk penyusunan anggaran dalam rangka menunggu pilkada serentak delapan kota dan kabupaten di Jawa Barat pada bulan November tahun 2020 mendatang.

Delapan daerah yang akan menggelar Pilkada terdiri dari tujuh kabupaten dan satu kota yakni Kabupaten Bandung, Cianjur, Sukabumi, Karawang, Indramayu, Tasikmalaya, Pangandaran dan Kota Depok. 

"KPU di masing-masing kota/kabupaten tengah melakukan persiapan. Mulai dari penyiapan anggaran dan persiapan lainnya guna mendukung kesuksesan pesta demokrasi tahun depan," kata Ketua KPU Jawa Barat Rifqi Ali Mubarok, Selasa (23/9/19).

Dia mengaku sudah berkoordinasikan dengan semua KPU kota dan kabupaten yang akan melaksanakan Pilkada Serentak.

"Pertama susun kebutuhan anggaran sesuai dengan perundangan berlaku. Kemudian komunikasi dengan pemerintah daerah setempat untuk ketersediaan anggaran," ucapnya. 

Dari delapan kota/kabupaten kata dia, hampir rata-rata mengajukan Rp 80 miliar. Paling besar itu Kabupaten Bandung sekitar Rp 99 miliar dan terkecil Kabupaten Pangandaran Rp 34 miliar.

"Ajuan anggaran terbesar Kabupaten Bandung Rp 99 miliar dan terkecil Kabupaten Pangandaran Rp 34 miliar," katanya.**