Dana APBD Milyaran Rupiah Mubazir

Duh, Bangunan Megah Rencana Mess IPDN Rohil 7 Tahun Tak Kunjung Difungsikan

Duh, Bangunan Megah Rencana Mess IPDN Rohil 7 Tahun Tak Kunjung Difungsikan

Kabar Daerah – Pembangunan Mess IPDN Rohil Provinsi Riau yang bersumber dari APBD Rohil Tahun 2012 dengan nilai Rp.7 Milyar lebih, terletak di Jalan Lintas Riau Sumut, Kelurahan Banjar XII, Kecamatan Tanah Putih, Rokan Hilir, Riau terkesan diterlantarkan.

Saat ini, gedung setinggi tiga lantai yang berdiri tegak dan nampak mewah, tidak difungsikan sampai saat ini. Karena tak kunjung ditempati bertahun tahun sejumlah kemegahan ini mulai tampak pudar terutama pada loteng bangunan ini yang sudah terkelupas. 

Hasil pantauan dilapangan terlihat kondisi didalam bangunan seperti kaca jendela, plafon ruangan, pintu, kabel listrik banyak yang rusak dan berhilangan, kini pembangunan tersebut menjadi rumah tak bertuan karena tidak kunjung difungsikan. 

Salah satu Warga Kecamatan Tanah Putih, Aminuddin (48Th) mengaku sangat menyayangkan jika bangunan yang menghabiskan dana milyaran rupiah itu tidak dapat difungsikan.

"Ini bisa dinamakan pemborosan anggaran. Coba diperuntukan ketempat yang lain pasti akan bermanfaat dan dapat dimanfaatkan warga," kata Aminudin, Senin (15/7/19).

Ditambahkan Aminuddin, dulu sempat beredar berita disalah satu media online pada Tahun 2017, bahwa Pemerintah Kabupaten Rokan Hilir melalui Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) berencana akan menjadikan bekas Gedung Mess IPDN menjadi Hotel untuk menambah unit usaha baru diluar unit usaha SPBU Bagansiapiapi.

Direktur Produksi BUMD Rohil, Marjaharuddin kepada wartawan, Rabu (25/1/19) disalah satu media SPBU memang telah sejak lama beroperasi, namun terkait bangunan ini dikatakan beliau baru sebuah wancana.

"Kenyataannya itu hanya sebuah wacana saja," ucapnya.

Namun yang menjadi aneh dihubungi Asisten I Pemkab Rohil belum berani menjawab, namun dia mengarahkan pada Kabag Aset Pemkab Rohil, semntara Kabag Aset Pemda Rohil sendiri belum menjawab sampai berita ini diterbitkan.

Bahkan tragisnya sejumlah dewan di DPRD Rohil dimintai keterangan terkait penelantaran aset Milyaran ini malah malas berkomentar.*Darma