Ini Langganan Karhutla di Pangkalan Kerinci, Pelalawan Tiap tahun

Ini Langganan Karhutla di Pangkalan Kerinci, Pelalawan Tiap tahun

Kabar Lingkungan - Kalau daerah yang satu ini di Pangkalan Kerinci Pelalawan, Riau memang menjadi langganan Kebakaran Lahan, anehnya pemilik lahan ini tidak tersentuh sedikitpun.

Lokasinya pastimnya di sekitaran perusahaan sawit PT. Pasaoan Raya di Tanjung Putus, Terusan Lama, Pangkalan Kerinci, Pelalawan, Riau.

Informasi warga dilokasi itu terlihat sejumlah pemadam dari Pelalawan dengan merek baju Manggala Akne dan dibantu Pemadam Pelalawan, memadamkan api, walau sudah disegel beberapa kali namun pelakunya tidak tertangkap karena kabarnya Polisi sulit mendeteksi lahan tersebut milik siapa.

Kebakaran terjadi sejak Kamis Sore hingga Jumat (5/7/19) api terus menghanguskan lahan gambut ini, namun ada kabar dari sekitar lokasi itu asap terlihat sudah menipis.

Pihak pemadam kebakaran Pelalawan sampai saat ini belum menjawab konfirmasi wartawan diduga mereka ikut sibuk memadamkan lahan tersebut sehingga belum sempat menjawab.

Sebelumnya setiap tahun lokasi yang sama atau sekitar lokasi itu terus menjadi langganan kebakaran lahan, warga setempat menuding kebakaran itu karena api rokok warga memancing disungai Kampar itu.

Namun sebagian pakar lingkungan mengaku kebakaran itu kerap terjadi Dilshan Gambut karena izin membuka kebun Dilahan gambut tidak dibatasi Pemerintah.**