Ini Negara yang Dapat Gerhana Bulan Hari Ini

Ini Negara yang Dapat Gerhana Bulan Hari Ini

Kabar Dunia - Gerhana Matahari total akan terjadi pada hari ini Selasa (2/7/2019) hingga dini hari nanti disejumlah negara. Infonya setiap 18 bulan sekali, Bulan akan memotong jalur yang sama dengan jalur yang dilintasi Matahari di langit Bumi.

Fenomena ini terjadi di atas Samudra Pasifik dan hanya bisa dilihat secara langsung di beberapa negara Amerika Selatan seperti Chile dan Argentina.

Gerhana matahari total dimulai pada 3 juli 2019 pukul 01.01 WIB dan puncaknya terjadi pada 3 Juli 2019 pukul 02.22 WIB.

Gerhana Matahari terjadi ketika Bulan berada di antara Bumi dan Matahari sehingga cahaya Matahari tertutup oleh Bulan.

Hal ini membuat Bulan akan menutupi Matahari dari pandangan kita yang ada di Bumi selama beberapa menit. Fenomena ini terjadi di atas Samudra Pasifik dan hanya bisa dilihat secara langsung di beberapa negara Amerika Selatan seperti Chile dan Argentina.

Gerhana matahari total dimulai pada 3 juli 2019 pukul 01.01 WIB dan puncaknya terjadi pada 3 Juli 2019 pukul 02.22 WIB.

Gerhanan matahari total akan berakhir pada 3 Juli 2019 pukul 03.44 WIB, sedangkan gerhana matahari sebagian berakhir pada 3 Juli 2019 pukul 04.50 WIB.

Kepala Pusat Seismologi Teknik Geofisika Potensian dan Tanda Waktu BMKG, Bambang Setiyo Prayitno, mengatakan gerhana matahari sebagian bisa dilihat di wilayah Pasifik selatan dan sebagian Amerika selatan.

    Baca Juga :

"Gerhana Matahari Sebagian akan dapat terlihat di sebagian besar Samudera Pasifik bagian Selatan dan Amerika Selatan bagian Barat," jelas Bambang dalam siaran Persnya, Senin (1/7/2019) dikutip dari Tribunpekanbaru.

Gerhana matahari terjadi ketika bulan berada di antara Bumi dan Matahari sehingga cahaya matahari tertutup oleh bulan.**