Apa Benar Korupsi Terbanyak Itu di Lembaga DPR

Apa Benar Korupsi Terbanyak Itu di Lembaga DPR

Kabar Korupsi - Laporan kerja periode 2014-2019 dalam rapat dengar pendapat (RDP) bersama Komisi III DPR terungkap sua-menyuap menjadi modus korupsi terbesar disusul modus pengadaan barang dan jasa di urutan kedua. Untuk pelaku korupsi terbanyak, Saut mengatakan masih dari kalangan anggota legislatif.

"Melihat modus perkara yang terjadi belakangan masih seputar suap-menyuap masih menjadi modus terbesar terutama di kalangan DPR dan DPRD," ujarnya, Senin (1/7/19).

"Sedang mengenai komposisi sampai dari tahun 2015 sampai 2019 mengenai komposisi pelaku sampai dengan Juni 2019 komposisi pelaku tikipor ditangani KPK sebagaimana di gambar dimana anggota DPR dan DPRD masih jadi pelaku tipikor terbanyak," ucapnya, seperti dilansir detikcom. 

Kemudian, sebaran wilayah peristiwa korupsi terbanyak terjadi di Pulau Jawa. Sama seperti di periode sebelumnya, Pulau Jawa masih menjadi tempat terbesar praktik korupsi. 

"Kemudian dari sisi wilayah sebaran wilayah sebagai locusnya sebagaimana diketahui menyebar dari 2015-2019 tunjukkan gambar pulau Jawa masing-masing menjadi locus terbesar praktik tipikor di antara Sulawesi, Bali, Malaysia Jawa, Maluku, Sumatera, Kalimantan dan kepulauan kecil," tuturnya.**