Hore.. Lewati Jembatan Suramadu Digratiskan Jokowi

Hore.. Lewati Jembatan Suramadu Digratiskan Jokowi

Kabar Nusantara - Informasi akun resmi Instagram Jasa Marga, Jumat (26/10/18) merilis mulai besok, lewat jembatan tol Surabaya-Madura (Suramadu) gratis.

Pembebasan tarif ini sendiri dilandasi oleh payung hukum Peraturan Presiden. Dengan dibebaskannya tarif Jembatan Suramadu, maka biaya pemeliharaan jembatan akan ditanggung oleh APBN.

Jokowi beberapa waktu lalu menyebutkan dibebaskan karena tarif Jembatan Tol Suramadu disebutnya kemahalan diketahui dari pendapat para tokoh masyarakat yang disampaikan langsung oleh Presiden saat bertemu dengan istri mendiang Abdurrahman Wahid alias Gus Dur, Sinta Nuriyah.

Jasa Marga merupakan operator Jembatan Suramadu sejak 2014 lalu, Jembatan Tol Suramadu menjadi satu-satunya penghubung jalur darat Surabaya dan Madura yang sebelumnya hanya tersedia di jalur laut. Jembatan tol Suramadu sempat diturunkan tarifnya dan tarif untuk kendaraan sepeda motor sudah dibebaskan. 

"Pembebasan Tarif Jembatan Tol Suramadu ini tentunya merupakan bagian dari komitmen pemerintah dan BUMN untuk terus memberikan pelayanan yang terbaik untuk masyarakat," tulis keterangan itu.

Pada awal jembatan ini dibuka dan dikomersialkan, tarifnya yang mencapai Rp 30 ribu untuk kendaraan golongan I membuat jembatan ini menjadi jalan bebas hambatan dengan tarif termahal di Indonesia.

Tarif jembatan di Suramadu, sebetulnya dari Rp 30 ribu suda dipotong Rp 15 ribu yang sepeda motor dibebaskan. Tapi memang dampak terhadap ekonomi belum kelihatan.**