Dekat Lokasi Tambang, Penyebab Jalan Amblas Akan Diselidiki

Dekat Lokasi Tambang, Penyebab Jalan Amblas Akan Diselidiki

Kabar Mudik - Sepanjang 200 meter dengan kedalaman 50 cm hingga 1 meter Jalan nasional Ponorogo-Pacitan di KM 227, Desa Wates, Kecamatan Slahung, amblas.

Kejadian ini beberapa pekan lalu, jalan tersebut ambles diduga karena adanya air bawah tanah mengakibatkan tanah dilokasi itu retak-retak, selai itu diduga akibat dampak penggalian tambang yang tidak jauh dari lokasi itu.

Kadis Bina Marga Provinsi Jatim Gatot Sulistyoadi mengaku, meski sudah rampung diperbaiki, Dinas Bina Marga Provinsi Jatim tetap menyelidiki penyebab retaknya jalan tersebut apalagi satu-satunya penghubung antara Ponorogo dan Pacitan cuma jalan ini. 

"Kami masih belum memastikan keretakan itu karena faktor tambang. Sebab lokasinya kan jauh," katanya, Senin (27/5/19).

Gatot menjelaskan, pihaknya memang sengaja mengebut perbaikan jalan karena mendekati Lebaran. Banyak pemudik yang melintas di jalur tersebut. 

"H-10 sesuai arahan dari KemenPU untuk jalur Mudik harus siap," imbuhnya. 

Saat ini kondisi jalan di titik itu semi permanen. Seperti yang tampak, banyak bronjong-bronjong di sisi jalan di bagian bawah tebing.

Menurutnya, untuk Provinsi Jatim yang perlu diwaspadai para pemudik yakni di Jalur Bromo dan Jalur Pacitan. Pasalnya, kedua lokasi ini memang rawan pergeseran tanah akibat faktor alam.**