Janji Syamsuar Hijaukan Riau Bukan Isapan Jempol

Janji Syamsuar Hijaukan Riau Bukan Isapan Jempol

Kabar Pemerintahan - Semangat yang ditujukan oleh Gunbernur Riau Drs.H.Syamsuar Msi untuk mengembalikan bumi langcang kuning lestari kembali seperti tahun-tahun 80 han tidak hanya isapan jempol.

Hal ini terbukti dari janji saat berkempanye untuk menjadikan Riau hijau kini telah dimulai.

Sikap Konsisten Gubernur riau itu terlihat nyata saat beliau melakkukan penanaman kayu jenis Gerunggang secara simbolis pada lahan milik Lembaga Swadaya Masyarakat-Ikatan Pemuda Melayu Peduli Lingkungan (LSM-IPMPL) dan Yayasan Solidaritas Pemuda Melayu Peduli Lingkungan Republik Indonesia (Y-SPMPLRI) yang terletak dijalan lintas Air Putih-Selat Baru (22/5/19). 

Pada kesempatan itu mantan Bupati siak tersebut langsung memerintah Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Propinsi Riau (Ir.H.Ervin Rizaldi,MH) untuk segera membantu puluhan Kelompok Tani Hutan kemasyarakatan dibawah binaan LSM-IPMPL dan Y-SPMPLRI) menyelesaikan kendala-kendala yang mereka dihadapi.

Kunjungan kerja orang nomor satu Propinsi Riau berserta Puluhan Pejabat 
Tinggi Propinsi Riau yang terdiri dari, Sekda Prov, Kepala Dinas LHK , Asisten II, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Propinsi Riau dan sejumlah Pejabat 
Eselon II Propinsi Riau Lainya, unsur Muspida Kabupaten Bengkalis juga turut
hadir PLH.Sekda, Kepala Dinas Lingkungan Hidup, H.Arman, Kadis Perizinan Terpadu, Indra Gunawan dan sejumlah pejabat Pemkab Bengkalis lainnya. 

Selain itu tampak hadir Camat Bengkalis berserta rombongan, Kepala Desa Air 
Putih, M.Syaifudin dan Ketua Ikatan Kepala Desa Kabupaten Bengkalis (Pasla) yang merupakan Kepala Desa Pambang Pesisir Kecamatan Bantan. 

Menurut H.Syamsuar dalam penyampaiannya kepada sejumlah yang hadir sempat mengungkapkan "upaya penanaman kayu jenis gerunggang ini, selain dapat meningkatkan perekonomian masyarakat, penanggulangan Kebakaran 
Hutan dan Lahan, yang tak kalah pentingnya menuju riau hijau," ujarnya.

Lebih lanjut Syamsuar mengatakan selain penanaman Geronggang sebagai
tanaman dasar, ia juga sependapat dengan pendapat solihin (Ka.LSM-IPMPL) dan Mohd.Kusmayadi, Sekretaris Yayasan SPMPL-RI terhadap sumber pendapatan rutinitas masyarakat untuk menutupi kebutuhan jangka pendek dalam melakukan Pembudidayaan Kayu Jenis Geronggang dengan Budidaya Lebah Madu.

"Kalau itu saya sangat sependapat. Karena ada dari salah satu warga kita di riau ini, yang dulu selaku pilot, tahan berhenti jadi pilot untuk 
membudidayakan Lebah madu. Sekarang lebah madu yang dihasilkan koalitasnya nomor satu dan penghasilannya melebihi dari gaji jadi pilot," tutur Syamsuar.

Menanggapi kunjungan kerja orang nomor satu Riau berserta rombongan ke 
tempat Budidaya Geronggangnya, Solihin Pengurus LSM-IPMPL dan Mohd Kusmayadi Sekretaris dari Yayasan SPMPL RI menyatakan mereka sangat berterima kasih kepada Gubernur.

"Kita sangat berterima kasih sekali kepada pak Syamsuar, karena beliau orang yang kita nilai sangat konsisten terhadap janjinya," katanya.

Dulu lanjutnya, sekitar tanggal 23 Januari 2018 pada saat beliau masih berstatus Calon Gubernur (Cagub), beliau pernah datang ke lokasi pembudidayaan Geronggang kami di jalan lintas air putih-selat baru ini. Beliau berjanji, kalau terpilih Jadi Gubernur Riau, beliau berjanji akan datang lagi dan berupaya untuk menjadikan kayu jenis Gerunggang apabila benar-benar mampu di budidaya dalam jumlah besar untuk dijadikan sebagai tanaman unggulan Kabupaten Bengkalis bahkan Propinsi Riau. 

"Kemudian beliau juga berjanji, akan mengalokasikan bantuan sesuai 
kemampuan anggaran. Setelah Janji beliau berlalu satu tahun lebih dan pak 
Syamsuar berhasil menjadi Gubenrnur Riau, ternyata janjinya ditepati untuk tahap awal pada hari ini. Terima kasih kami kepada pak Syamsuar, karena menepati janji nya," uacapnya.

"Insyallah kami akan berupaya sekuat tenaga sesuai kemapuan kami
bersama bapak untuk menwujudkan cita-cita bapak menjadikan bumi langcang kuning kita ini hijau kembali seperti tahun 80 han dulu." ungkap solihin.

Lebih lanjut solihin bersama Mhod.Kusmayadi menjelaskan sejauh ini mereka bersama masyarakat Pulau bengkalis yang tersebar dari beberapa Desa telah berhasil membudidayakan kayu jenis Geronggang yang sudah ditanami seluas kurang lebih 93 Hektar. 

“Kita juga telah berhasil merangkai lahan-lahan Gambut milik masyarakat yang selama ini sebagiannya terlantar," jelasnya.

Bahkan katanya, berpotensi menjadi sumber kebakaran Lahan, kita tarik dibawah binaan LSM-IPMPL bersama Yayasan SPMPL-RI, kita bentuk dalam Kelompok Tani Hutan (KTH) seluas kurang lebih 1.400 hektar, insyallah akan kita tanami dengan budidaya kayu jenis Gerunggang.

Saat ini kecambah Geronggang siap masuk Polibeg telah kita persiapkan kurang lebih empat juta kecambah. Semoga harapan kita pak Gubenur dapat segera merialisasi apa yang menjadi kendala bagi kita” harap ke dua aktifis tersebut.*romi