Pasca Demo, Pedagang Tanah Abang Mengaku Sudah Lancar

Pasca Demo, Pedagang Tanah Abang Mengaku Sudah Lancar

Kabar Bisnis - Kompleks seputaran Pasar Tanah Abang sempat menjadi lokasi ricuh Aksi 22 Mei kemarean pagi ini telah jalan seperti biasanya. Pantauan di Jalan Jatibaru, Tanah Abang, Jakarta Pusat, Kamis (23/5/2019), para pedagang baju sudah membuka lapaknya.

Dimana sehari setelah aksi brutal, para pedagang kaki lima (PKL) yang kemarin sempat libur, kini mulai ramai berjualan kembali. Pedagang makanan dan buah-buahan juga terlihat menjajakan jualannya.

Jalan Jatibaru yang berada di depan Stasiun Tanah Abang ini merupakan salah satu lokasi massa aksi 22 Mei beraksi. Massa ricuh tersebut melempari stasiun dengan batu sehingga membuat penumpang tidak bisa keluar.

Para PKL yang berada di Jalan Kebon Jati Raya yang berada di depan Blok G Pasar Tanah Abang pun juga sudah mulai ramai. PKL-PKL ini tidak berani membuka lapaknya kemarin sebab kerusuhan yang terjadi pada 22 Mei 2019 dini hari.

"Kemarin masih pada takut," kata salah seorang PKL, Aci. 

Pedagang pakaian ini mengatakan para PKL memilih tidak berjualan usai ricuh dini hari tersebut. Ketakutan mereka terbukti, massa ricuh masih mengincar Tanah Abang sebagai salah satu lokasi aksinya.

PKL di Tanah Abang Sudah Mulai Berjualan Usai Aksi 22 MeiFoto: PKL di depan Blok G Pasar Tanah Abang. (Arief Ikhsanudin/detikcom).

Meski begitu, Aci dan beberapa PKL hari ini memilih untuk berdagang. Sebab bila kembali menutup lapak, mereka tidak bisa mendapat penghasilan.

"Kemarin nggak dagang. Sekarang baru datang. Nggak takut (rusuh). Ya mau gimana, kalau nggak buka, nggak makan," pungkasnya.**