Kurang Waktu 24 Jam, Polsek Bagan Sinembah Tangkap Pelaku Curat

Kurang Waktu 24 Jam, Polsek Bagan Sinembah Tangkap Pelaku Curat

Rohil -Tim opsnal Reskrim Polsek Bagan Sinembah berhasil menangkap DPO pelaku tindak pidana pencurian dengan pemberatan (curat) usai setelah mengamankan rekan pelaku sebelumnya.

Adapun pelaku yang diamankan yakni R Simanjuntak (29) selaku DPO ini warga jalan Lancang Kuning RT 001 RW 006 kelurahan Bagan Batu Kota kecamatan Bagan Sinembah. Sementara rekannya FS alias Ancis (26) warga jalan Lancang Kuning Gang Sejahtera Kepenghuluan Bagan Batu .

Berdasarkan data yang berhasil dihimpun, Sabtu (4/5/2024) menyebutkan, bahwa DPO R Simanjuntak ini diketahui karena telah melakukan aksi serupa dua kali dalam kurun waktu satu bulan.

Kapolsek Bagan Sinembah, Kompol Imran Taheri yang dikonfirmasikan melalui Panit Reskrim, Iptu Reymon Basir SH, membenarkan adanya penangkapan tersebut. Dalam kurun waktu kurang dari 24 jam setelah laporan dari korban, Tim Opsnal Reskrim Polsek Bagan Sinembah.

Dijelaskan Panit Reskrim, bahwa penangkapan itu bermula adanya laporan dari korbannya, Imelda Br Nainggolan (37) yang menyebutkan pada, Selasa (30/4/2024) sekira pukul 07.38 WIB, korban menuju kedai ponsel miliknya dan melayani pelanggan yang akan membeli pulsa. 

Akan tetapi, handphone merek Oppo A38 yang biasa digunakan tidak ada di tempat. Korban langsung melakukan pengecekan CCTV yang yang tak jauh dari rumahnya, dan terlihat seseorang tak dikenal melakukan pencurian terhadap handphone itu. 

Tepatnya sekitar pukul 07.45 WIB, korban juga melihat ada transaksi dari akun aplikasi Dana sebesar Rp400 ribu. Atas kejadian tersebut, korban telah mengalami kerugian sebesar Rp 3,2 juta dan melapor ke polsek Bagan Sinembah guna proses hukum lebih lanjut. 

Berbekal laporan korban dan atas perintah Kapolsek Bagan Sinembah, kemudian tim opsnal Reskrim yang dipimpin oleh Iptu Reymon Basir SH langsung melakukan penyelidikan.

Berdasarkan hasil gelar perkara yang sebelumnya, akhirnya pelaku dapat ditangkap pada, Rabu (1/5/2024) sekira pukul 10.30 WIB diperoleh informasi keberadaan seseorang yang diduga sebagai pelaku sedang berada disebuah rumah yang terletak di jalan Lancang Kuning Atas.

Dengan gerak cepat, kemudian tim opsnal Reskrim langsung melakukan pengejaran sekaligus penangkapan terhadap terduga pelaku dilokasi berbeda. "Ya, sekarang tersangka sudah kita amankan di Mapolsek guna dilakukan penyidikan lebih lanjut," Ujar Reymon.

Dari penyidikan itu, lanjut Reymon lagi diketahui bahwa tersangka R Simanjuntak itu juga diketahui merupakan DPO dalam kasus serupa yang terjadi beberapa hari sebelum tertangkap.

"Tersangka R Simanjuntak ini ternyata adalah merupakan DPO kita dalam kasus serupa yang dilakukan bersama dengan temanya bernama FS alias Ancis," terangnya kembali.

Dijelaskan Panit, bahwa aksi Curat tersebut menimpa seorang supir mobil colt diesel bermuatan Tandan Buah Sawit (TBS) Andi (24) di ruas jalan lintas Sumatera Km 1 kepenghuluan Bagan Batu kecamatan Bagan Sinembah pada Ahad (20/4/2024) sekitar pukul 04.00 Wib lalu, saat korban sedang beristirahat.

Akibat kejadian tersebut korban mengalami kerugian sebesar Rp. 10 juta dan melaporkan ke Polsek Bagan Sinembah. Hasil pemeriksaan terhadap korban dan saksi-saksi, kemudian dilakukan video call ke nomor handphone korban yang hilang.

Dari video vall tersebut, tim opsnal berhasil melakukan pelacakan dan penangkapan terhadap terduga pelaku.Tepatnya pada hari Minggu (28/4/2024) sekira pukul 14.30 WIB tersangka berhasil  dtangkap saat berada di jalan Lancang Kuning Gang Sejahtera Kepenghuluan Bagan Batu Kecamatan Bagan Sinembah. 

"Dari penangkapan itu, kita berhasil mengamankan seorang pelaku bernama FS alias Ancis. Dan dirinya juga mengaku bahwa aksi pencurian itu dilakukan bersama dengan rekannya bernama R Simajuntak ," Tegas Reymon