BUMDes Sungai Kubu Mandeg! Warga : Modal Dan Untung Ntah Kemana. Inspektorat Audit Keuangan Desa Kami

BUMDes Sungai Kubu Mandeg! Warga : Modal Dan Untung Ntah Kemana. Inspektorat Audit Keuangan Desa Kami

Rohil – Pengolaan Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) Kepenghuluan Sungai Kubu Kecamatan Kubu, Kabupaten Rokan Hilir menyiksakan tanda tanya pasca ruko BUMDES Maju Bersama ditutup tanpa sebab.

Hal itu dijelaskan pemilik akun Facebook atas nama Ahmad Kubu mengunggah status pada 27 Maret 2024 menjelaskan "Ini lh ruko tempat Bundes kami.tutup total.barang habis .sewa jln terus.duit lesap di sikat orang yg tak bertanggung jawab.tlg pak inspektorat Audit keuangan desa kami.

Bukan itu saja, Ahmad Kubu sebelumnya  membuat statusnya pada 24 Maret 2024 diakun Facebook pribadi miliknya " BUMDES s kubu bungkam sampai sekarang hilang di telan bumi.duit masyarakat ratusan juta lenyap."

Sementara untuk diketahui. Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) merupakan salah satu wadah bagi desa untuk meningkatkan dan memajukan ekonomi di Desa. BUMDes selain berfungsi sebagai lembaga sosial juga sebagai lembaga komersil dan segala aktivitas BUMDes harus berpihak kepada kepentingan masyarakat dalam penyediaan pelayanan sosial. 

Sedangkan dalam posisi sebagai lembaga usaha komersil, BUMDes dapat membangun berbagai jenis usaha yang dikelola dengan manajerial profesional, akuntabel dan transparan. Melalui kegiatan-kegiatan yang diusahakan oleh BUMDes menjadi pendapatan bagi desa.

Dikonfirmasi pemilik akun Ahmad kubu melalui WhatsApp Pribadinya, terkait ditutupnya ruko atau tempat pengelolaan BUMDES Maju Bersama Kepenghuluan Sungai Kubu, Ahmad menjelaskan ruko itu hampir satu THN, saya yang suruh tutup karena keuangannya amburadul. Modal ntah kemana apa lagi keuntungannya. Jelasnya melalui WhatsApp Pribadinya kepada awak media. Senin 22 April 2024. 

Sementara penuturan warga sungai kubu saat dikonfirmasi, dana yang dikelola Bumdes Sungai Kubu tidak memiliki transparansi terhadap masyarakat dan menurut kabarnya Bumdes infonya mengalami bangkrut dan tak pernah rapat akhir tahun 2021 - 2022. Jelas narasumber yang minta namanya dirahasiakan.

Terpisah, Direktur Bumdes Sungai Kubu Akma saat dikonfirmasi melalui pesan WhatsApp Pribadinya, enggan  komentar maupun tidak ada sedikit memberikan tanggapan apapun terkait pertanyaan awak media.