Salut! Plt Kapolsek Pangkalan Kuras Bantu Warga Pingsan di SPBU

Salut! Plt Kapolsek Pangkalan Kuras Bantu Warga Pingsan di SPBU

Plt 2Kapolsek Pangkalan Kuras Evakuasi Warga Pingsan Saat Antri BBM di SPBU.

PELALAWAN - Aksi seorang perwira pertama (Pama) di kecamatan Pangkalan Kuras Kabupaten Pelalawan Provinsi Riau menolong seorang wanita pingsan saat mengantri pengisian BBM disalah satu stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU) di jalan Lintas Timur Kecamatan Bandar Petalangan, patut diacungi jempol.

Sebab, kendati ditengah kesibukannya melakukan pengawasan kenyamanan pemudik selama lebaran idul Fitri 1445 H, slogan Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) untuk “Melindungi, Mengayomi dan Melayani Masyarakat” tidak lekang dari prinsipnya karena amanat konstitusi bukan sekedar tempelan penghias belaka namun harus dijunjung tinggi.

Berdasarkan penulusuran, sosok anggota Polri berhati mulia melayani tanpa pamrih mengulurkan tangan dan patut dicontoh itu adalah mantan Kapolsek Kuala Cenaku di Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu), AKP Jhonson H. Sitompul, SH dan kini menjadi Plt Kapolsek Pangkalan Kuras di Kabupaten Pelalawan, Riau.

Dihubungi lewat seluler, AKP Jhonson yang juga sebagai Ka Pos Pam Nilam Sari Lubuk Terap membenarkan ada membantu masyarakat yang pingsan saat mengantri isi Bahan Bakar Minyak (BBM).

Aksi tersebut spontan terjadi di Station Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) Jalan Lintas Timur, Desa Lubuk Terap, Kecamatan Bandar Petalangan, Kabupaten Pelalawan, Rabu (10/4) kemarin.

"Kejadiannya saat kita sedang melakukan giat Operasi Ketupat Lancang Kuning 2024," jawab Kapolres Pelalawan AKBP Suwinto, S.H., S.I.K melalui Plt Kapolsek Pangkalan Kuras AKP Jhonson H. Sitompul, SH, Sabtu (13/4/24).

Saat itu, katanya, dengan spontan dianya memberikan pertolongan dengan membawa korban pingsan ke Pos untuk pertolongan pertama dari tenaga medis yang stand bye di Pos pam Nilam Sari Lubuk Terap lalu dibawa ke Puskesmas Pangkalan Kuras 1 untuk tindakan lebih lanjut. 

Diduga wanita separuh baya itu tidak sadarkan diri saat mengantri pengisian BBM di SPBU karena kelelahan. 

Diketahui identitas emak-emak yang tidak sadarkan diri tersebut bernama Siti Aminah boru Silalahi (50) warga Pondok 3 Desa Kuala Semundam Kecamatan Bandar Petalangan. (krc).