Tiga Cara Daftar Menjadi Kurir

Tiga Cara Daftar Menjadi Kurir

Kabar Bisnis - Kurir merupakan salah satu pekerjaan yang bisa dikatakan cukup mudah didapatkan di era sekarang. Ada banyak ekspedisi yang membuka lowongan kurir di tengah meningkatkan belanja online. 

Bagi kamu yang membutuhkan maka perlu Cari tahu cara daftar kurir. Bentuk pendaftaran dilakukan untuk menyeleksi dan salah satu cara menemukan kurir yang nantinya bisa bekerja secara profesional. 

Kaitannya dengan pendaftaran, setiap platform memiliki persyaratan khusus. Semua syarat harus dilengkapi untuk memudahkan kamu bisa diterima di menjadi kurir di platform tersebut. 

Cara Mendaftar Menjadi Kurir

Untuk menjadi kurir, kamu perlu mencari tahu dulu dan melakukan pendaftaran dengan cara: 

Punya SIM (Surat Izin Mengemudi)

Bagi para driver yang akan menjadi kurir wajib memiliki SIM sebagai langkah aman saat mengemudi. Ketentuan SIM berlaku bagi para kurir yang akan mengantarkan barang baik memakai sepeda motor atau mobil. 

Bagi yang ingin menjadi kurir memakai sepeda motor maka harus memiliki SIM C. begitupun juga bagi kurir yang mengemudikan roda empat maka harus memiliki SIM A. Semua itu bisa disesuaikan dengan kebutuhan dari ekspedisi saat kamu menemukan lowongan pekerjaannya. 

Mencari Lowongan Kerja Kurir

Bila sudah memiliki SIM, kamu tinggal mencari lowongan ekspedisi yang sedang membutuhkan kurir. Umumnya, pihak ekspedisi akan memberitahukan informasi tersebut secara online. 

Sehingga, kamu tinggal masuk saja di group lowongan kerja di Facebook atau media sosial lain. Mereka akan memposting lowongan di grup dan menjelaskan kriteria dan syarat-syarat yang diperlukan. 

Dalam proses mencari lowongan kurir nantinya bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Kamu tinggal mencari pekerjaan mulai dari yang sistem kontrak, paruh waktu atau full time. 

Mengikuti Pelatihan

Setelah berhasil mendaftar maka kamu tinggal menunggu kabar diterima tidaknya. Bila diterima maka kamu perlu mengikuti beberapa pelatihan yang dilakukan oleh pihak ekspedisi. 

Selama masa training, kamu harus bisa mematuhi setiap peraturan yang sudah ditetapkan. Tujuannya untuk memudahkan kamu bisa bekerja sebagai kurir di ekspedisi yang telah dipilih. 

Untuk waktu pelatihannya setiap ekspedisi memiliki ketentuan yang berbeda. Namun, dalam masa-masa pelatihan, kamu akan mendapatkan banyak informasi dan cara menjadi kurir sesuai SOP yang telah ditetapkan. 

Tugas-Tugas Kurir Ekspedisi

Setelah proses pendaftaran berhasil dan sudah mengikuti training, kamu tinggal memahami beberapa tugas kurir. Dalam menjalankan tugasnya, setiap kurir memiliki beberapa tugas, diantaranya mengantar barang sesuai waktu yang ditentukan. 

Dalam mengantarkan barang, seorang kurir harus bisa mengantarkan barang dari tempat satu ke lokasi lain. Selain itu, selama proses mengantar paket, kondisi barang yang tetap aman. 

Tidak hanya itu, selama bertugas, para kurir harus mampu bekerjasama dengan baik. Bentuk kerjasamanya bisa dengan kurir lain atau para manajer yang ada di layanan ekspedisi. 

Lalu tugas lain yang harus dijalankan adalah memastikan barang diterima oleh orang yang bersangkutan. Oleh karena itu, selama bertugas, harus terus menjalin komunikasi dengan penerima paket untuk menemukan tempat tujuannya. 

Tugas penting lainnya yakni memahami dan bisa menggunakan GPS dengan baik. Penggunaan GPS termasuk hal wajib yang harus diketahui kurir agar tidak salah mengantarkan barang. 

Jadi cara menjadi Kurir bisa dilakukan dengan mengetahui berbagai persyaratan mulai dari SIM dan yang lainnya. Setelah itu, kamu tinggal mencari lowongan jasa ekspedisi yang sedang membutuhkan kurir. Dari upaya tersebut, kamu tinggal mengikuti pelatihan dan pastikan mematuhi setiap aturan yang ditetapkan. **


Tags :kurir