Limbah PT Hasil Karya Bumi Sejati Seperti Sengaja Dibuang ke Sungai, Kadis DLH Menjawab Begini dan Humas Bungkam

Limbah PT Hasil Karya Bumi Sejati Seperti Sengaja Dibuang ke Sungai, Kadis DLH Menjawab Begini dan Humas Bungkam

Rohil - Vitalnya sebuah video di tiktok berita terkait ikan dalam Sungai Batang Kumu klewer alias mabuk diduga akibat limbah Pabrik Kelapa Sawit (PKS) PT Hasil Karya Bumi Sejati (HKBS) yang menghebohkan warga Kepenghuluan Kasang Bangsawan, Kecamatan Pujud, Rokan Hilir (Rohil) Riau, pada Selasa (19/03/24) mendapat tanggapan langsung dari Kadis Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Rohil Suwandi pada Jumat (22/3/24).

“Setelah menerima laporan Kabid dan Staf kita sudah di lapangan,” kata Suwandi singkat pada media ini.

Dari pengakuan warga setempat ikan ini mabuk terindikasi setelah pipa pembuang limbah perusahaan HKBS selalu pecah dan aliran limbah ini masuk sungai “”kalau kita dengar berita dan beberapa kejadian mulai hari ini pipa limbah PT HKBS ini kerap bocor, sepertinya kayak disengaja,” kata warga.

“Kami berharap DLH Rohil peduli lingkungan dan menindak perusahaan yang membuang limbah ke sungai di Rohil,” katanya.

Sebelumnya juga salah seorang Warga Kepenghuluan Kasang Bangsawan, Jaswan, Kamis (21/3/24)  saat memantau di Lokasi Sungai Limbah dari PT HKBS Rohil mengatakan “kejadian serupa bukan kali ini saja”.

Akibat limbah perusahaan berlokasi di Jalan Lintas Pujud Mahato, Kepenghuluan Kasang Bangsawan, Kecamatan Pujud, Rohil, ini air sungai tidak bisa dimanfaatkan warga, “warga mencuci, mandi dan cuci piring di sungai Sungai Batang Kumu ini,” kata warga ini.

Lagi -lagi humas PT HKBS Rohil dikonfirmasi melalui Telepon maupun pesan Whatsapp, tidak merespon.**

@kabariau

Pipa PT Ini Kerap Diberitakan Bocor, Apa Sengaja atau DLH Rohil??

♬ suara asli - kabarriau.com