Inilah Cara Menghilangkan Beruntusan Dengan Cepat

Inilah Cara Menghilangkan Beruntusan Dengan Cepat

Kesehatan - Apa kamu saat ini sedang mengalami beruntusan?. Mengalami bruntusan memang membuat tak nyaman ya. 

Tetapi jangan sampai beruntusan ini membuat mood kamu jadi buruk sepanjang, beruntusan yang dialami masih bisa diobati dengan cepat. 

Beruntusan atau jerawat pasir adalah jerawat yang ditandai dengan bintil-bintil kecil yang muncul secara bersamaan. 

Jika disentuh, jerawat ini akan terasa kasar sehingga jika disentuh akan merasa kurang percaya diri dengan tampilan wajahnya. 

Yuk, simak tentang penjelasan lebih lengkap cara menghilangkan bruntusan dengan cepat berikut ini.

  1. Menggunakan Batu Es

Es batu tidak hanya bisa digunakan untuk minuman saja, kali ini es batu bisa digunakan sebagai alternatif dalam mengatasi jerawat pasir atau beruntusan. 

Ini disebabkan karena efek yang dihasilkan dari es batu itu sendiri yaitu efek dingin. Namun efek dingin ini berpotensi meredakan peradangan sementara waktu, meskipun waktunya tidak lama tapi dapat meredakan. 

    Baca Juga :

Meskipun begitu, tetapi tidak ada salahnya mencoba es batu untuk wajah yang sedang mengalami beruntusan. 

Untuk memanfaatkan es batu ini, cara yang dilakukan cukup mudah yaitu kamu hanya perlu membungkus es batu dengan kain tipis atau memakai kompres dingin. 

Lalu, tempelkan pada jerawat selama satu menit. Lakukan 1-2 kali sehari setelah membersihkan wajah. 

  1. Memakai Tea Tree Oil

Tea tree oil atau minyak pohon teh juga bisa digunakan untuk mengatasi kulit berjerawat, mulai dari yang ringan hingga berat.

Menurut salah satu sumber, penggunaan sabun cuci muka gel yang mengandung tea tree oil dapat membantu mengatasi jerawat. 

Tapi ada hal yang perlu kamu perhatikan, tea tree oil ini tidak cocok digunakan untuk orang yang memiliki reaksi alergi terhadap minyak tea tree oil. 

Karena itu, sebelum dipakai ada baiknya untuk mengoleskan sedikit tea tree oil ke bagian tangan sedikit, sebelum diapilkasikan ke wajah.

Jika sesudah di oles terdapat reasksi misalnya seperti panas, sebaikknya jangan di gunakan. 

  1. Mengoleskan Teh  Hjau

Selanjutnya ada teh hijau yang sudah bukan rahasia umum lagi, minum teh hijau dapat memberikan segudang manfaat yang dapat kamu rasakan.

Salah satunya adalah untuk mengatasi beruntusan pada wajah. Teh hijau juga diketahui bisa mengatasi masalah tersebut hanya dengan semalam saja. Cepat bukan?

Ini karena adanya kandungan flavonoid dan tannin di dalam teh hijau memiliki kemampuan melawan peradangan dan bakteri penyebab jerawat. 

Menurut para peneliti melaporkan bahwa teh hijau mengandung antioksidan apigallocatechin-3-gallate (EGCG) yang tinggi. 

Jenis antioksidan ini berperan dalam membantu mengatasi masalah jerawat, termasuk beruntusan. Kamu hanya perlu mengoleskan pada wajah dan teh hijau dapat diperoleh dengan mudah di pasaran. 

Kamu juga bisa memakai sabun muka yang memiliki kandungan the hijau untuk membersihkan wajah dari kotoran dan pemicu minyak berlebihan penyebab beruntusan bisa muncul lebih lagi. 

  1. Membuat Masker Madu

Madu selain dapat dikonsumsi, bisa juga membantu menghilangkan beruntusan. Salah satu jenis madu mentah yang sering dipakai dalam obat alami jerawat adalah madu manuka.

Caranya cukup mudah, ikuti langkah berikut seperti campurkan madu dengan kayu manis kemudian oleskan pada kulit, lalu diamkan selama 8-10 menit, dan bilas hingga bersih. 

  1. Melembabkan wajah dengan lidah buaya

Lidah buaya tidak hanya berkhasiat untuk menyuburkan rambut, tetapi bisa juga digunakan sebagai bahan alami untuk menghalau jerawat atau beruntusan. 

Ini berkat kandungan yang bisa meningkatkan efektivitas obat penghilang jerawat.