Olympicad ke-7 Bandung, 7 Siswa SD Muhammadiyah 1 Pekanbaru Ikut Berkompetisi Even Nasional

Olympicad ke-7 Bandung, 7 Siswa SD Muhammadiyah 1 Pekanbaru Ikut Berkompetisi Even Nasional

Kabar Jakarta - Sekolah Dasar (SD) Muhammadiyah 1 Kota Pekanbaru ikut andil dalam perhelatan besar Olimpiade Ahmad Dahlan ke 7 (Olympicad ke-7) yang  dilaksanakan di Bandung pada tanggal 6 sampai 8 Maret 2024. Olimpiade diikuti oleh Sekolah-sekolah Muhammadiyah se- Indonesia.

Even ini diikuti oleh siswa siswi SD, SMP, SMA. SMK dari Sabang sampai Merauke yang  dilaksanakan setiap dua tahun sekali.

Untuk ikut berkompetisi di even Nasional Sekolah SD) Muhammadiyah 1 Kota Pekanbaru mengutus 7 siswa.

Salah satu program unggulan SD Muhammadiyah 1 Pekanbaru adalah Student Exchange/ Pertukaran Pelajar. Kegiatan pertukaran pelajar dilaksanakan pada hari Senin-Rabu, 4-6 Maret 2024 diikuti oleh tujuh siswa yang terdiri dari lima siswa kelas 4.

Kegiatan ini, anak-anak didampingi oleh kepala SD Muhammadiyah 1 Pekanbaru, ustadzah Widati, S.Ag. MM dan wakil kepala sekolah bidang Kesiswaan yaitu miss Nadya Rezeki Ananda, S.Pd.

Pada Olympicad ke-7 yang dilaksanakan di Bandung ini, SD Muhammadiyah 1 Pekanbaru mengutus 7 Siswa untuk mengikuti tiga bidang lomba yaitu  lomba  News Reading In English; Allif Nabasya, Kyna  Alisa Sakhi, M. Althaf Zuris dan Nasha Nesta Alekha.

di bidang lomba Story Telling : Kenzi Aurelio Octa dan  Shiddiq Nadlif Amir, Dibidang lomba Ipa mengutus Caroline Adelia Zahirah dan Lomba Inovasi Guru kami mengutus Miss Nadya Rezeki Ananda, S.Pd.

Kegiatan lomba tingkat SD dilaksanakan di SD Muhammadiyah Antapani Bandung. Kegiatan ini sangat menguras waktu dan energi karena siswa siswi yang mengikuti perlombaan adalah siswa siswi terbaiknya di Kabupaten/ Kota di Seluruh Indonesia.

“Banyak pengalaman yang kami dapatkan selama mengikuti kegiatan yang berdurasi tiga hari tersebut,“ kata kepala sekolah bidang Kesiswaan, miss Nadya Rezeki Ananda, S.Pd.

Kegiatan pertukaran pelajar  didukung penuh oleh para orang tua. “Semoga program ini membawa dampak positif bagi para siswa yang ikut dalam kegiatan pertukaran pelajar ini,” katanya.

Kegiatan ini disambut oleh ketua Majelis Dikdasmen Kebayoran baru Jakarta Selatan yakni Ustadz Ahmad Said Matondang, M.Sy dan kepala SD Muhammadiyah 5 Kebayoran baru Jakarta Selatan yakni ustadz Ali Yusuf Syakir, SE, SY. S.Pd, MH.

Dalam sambutannya, ustadz Said menyatakan bahwa untuk membesarkan sekolah kita perlu membangun networking/ jaringan antar sekolah, seperti saat ini kedatangan tamu siswa siswi dari SD Muhammadiyah 1 Pekanbaru.

“Hubungan antar sekolah ini sudah terjalin sejak tahun 2015 dan masih terjalin baik sampai saat ini,” kata ustadz Ali Yusuf Syakir, SE, SY. S.Pd, MH.

Sementara Kepala SD Muhammadiyah 1 Pekanbaru Widati, S.Ag. MM, dalam sambutannya menyampaikan bahwa tujuan dari pertukaran pelajar adalah Menambah pengetahuan dan wawasan, mengenal budaya daerah lain, melatih kemandirian, membangun jaringan/ networking dengan sekolah lain dan teman-teman siswa siswi di SD Muhammadiyah 5 Jakarta Selatan.

“Program ini sudah yang ketiga kalinya dilaksanakan oleh pihak sekolah. Kegiatan pertukaran pelajar akan terus kita laksanakan dan insyaallah tahun depan akan melaksanakan pertukaran pelajar ke Malaysia dan Singapura,” kata Widati.**