Viral Video Bupati vs Wakil Bupati Rohil Adu Mulut Hebat di Depan Acara Pelantikan Penghulu! Pengamat : Dua Pimpinan Rohil Tidak Sedang Dalam Keharmonisan

Viral Video Bupati vs Wakil Bupati Rohil Adu Mulut Hebat di Depan Acara Pelantikan Penghulu! Pengamat : Dua Pimpinan Rohil Tidak Sedang Dalam Keharmonisan

Rohil - Entah apa yang terjadi di fikiran dua kepala daerah ini beradu mulut hebat ditengah -tengah acara pelantikan Penjabat Penghulu, di Kecamatan Pekaitan, Kabupaten Rokan Hilir, Kamis (1/2/2024) berlangsung.

Dalam Video Bupati dan Wakil Bupati Rokan Hilir yang beredar. Tampak Wakil Bupati Sulaiman Azhar berdebat kecil dengan Bupati Rohil Afrizal Sintong dan keduanya terlihat semakin emosi. Dalam suara video itu tak begitu jelas terkait permasalahan apa sehingga ketersinggungan hebat terjadi.

Suasana dalam video itu pun makin tegang. Meski nyaris saling dorong, hingga keduanya dilerai masing -masing ajudan dan beberapa warga yang menyaksikan dengan berkata sudah -sudah.

Dikutip dari sumber media Kompas 1 Net terkait adu mulut hebat yang berlangsung, dalam penjelasan Bupati Kabupaten Rokan Hilir Afrizal Sintong SIP MSi, menyebutkan. Jika Wakil Bupati tiba - tiba hadir di acara tersebut dan marah marah.

Tiba tiba dia datang dan marah - marah kepada saya, mengapa tidak di undang dan mengikutkan dirinya di acara tersebut. Katanya Ini wilayah dia,” Kata Bupati.

Kemudian dalam adu mulut itu, menurut rilis Dinas Kominfo Rokan Hilir, dipicu karena Sulaiman tidak diundang dalam acara pelantikan. Padahal dalam undangan yang beredar, Wakil Bupati tertulis sebagai pihak yang turut mengundang.

Bupati Afrizal Sintong menjelaskan, Sulaiman merasa daerah Pekaitan tersebut merupakan wilayahnya dan kegiatan harus melapor dulu kepadanya.

"Setelah itu dia berdiri dan mengambil mikrofon dan mau berbicara mau menggagalkan pelantikan tersebut. Tapi belum sempat dia (Sulaiman) bicara sebentar, mikrofon diambil oleh mantan Kepala Desa Toyip. Dia sudah punya niat dari jauh-jauh hari ingin mempermalukan saya di muka khalayak ramai," ungkap Afrizal.

Bupati Afrizal Sintong pun menyampaikan permohonan maaf kepada seluruh masyarakat yang hadir atas peristiwa yang terjadi. 

Sementara Wakil Bupati Sulaiman Azhar dalam penjelasan memberikan komentarnya bahwa pemberitaan media itu tidak sesuai fakta lapangan yang mendorong pertama kali itu bupati ,Saya hanya menunjuk-nunjuk ibuk bupati karena saya bilang jangan ikut campur, tengok aja video nya biar masyarakat lihat video sebenarnya biar masyarakat gak membalikan fakta.

Peristiwa terjadinya cekcok adu mulut antara Bupati Rokan Hilir Afrizal Sintong dan Wakil Bupati Sulaiman Azhar inidikasi tidak harmonisnya hubungan kedua pimpinan Rokan Hilir tersebut.

Pengamat Hukum Selamat Sempurna Sitorus, SH, MH, CPM mengatakan bahwa peristiwa kurang baik, yang dilakukan dua pimpinan Kabupaten Rohil itu menunjukkan ketidak keharmonisan.

Selamat Sempurna Sitorus menanggapi berdasarkan pada masa saya di percaya sebagai Kuasa Hukum dari Kwalisi dan menjabat sebagai Wakil Ketua DPD Partai Nasdem Rokan Hilir yang mengetahui bagaimana harmonisnya beliau berdua saat berjuang.

Dengan kejadian ini sangat menyayangkan sekarang kok jadi mau baku hantam sebagaimana melihat vidio yang beredar di media sosial. Semestinya, dalam memegang kekuasaan di suatu wilayah, perihal itu tidak semestinya terjadi. Pungkasnya.

Sementara dalam kesempatan yang sama, Pemantau Politik Ir. Ganda Mora M.Si yang beralamat di Pekanbaru mengatakan melihat situasi ini Pimpinan Di Pemerintahan Kabupaten Rokan Hilir seharusnya mereka menjadi teladan bukan justru memberikan contoh tidak baik bagi masyarakat apalagi kejadian tersebut dipertontonkan di depan umum.

 Dirinya menilai, Miss komunikasi antara pemimpin di Kabupaten Rohil tersebut menunjukkan situasi pemerintahan disana tampaknya tidak dalam kondisi keharmonisan dan kurang kedewasaan dalam mengelola emosi. Apalagi saat ini menjelang pilpres dan pilkada serentak. Imbuhnya.