HGN Ke-64, Dewi Juliani Ajak Masyarakat Mencegah Angka Stunting.

HGN Ke-64, Dewi Juliani Ajak Masyarakat Mencegah Angka Stunting.

Pekanbaru - Peringatan Hari Gizi Nasional (HGN) ke-64 harus dijadikan sebagai momentum meningkatkan kesadaran masyarakat mengenai pentingnya menekan dan mencegah angka stunting.

"Selain itu, perlu pencegahan stunting yang digalakkan pemerintah dalam kepedulian dan meningkatkan komitmen dari berbagai pihak dalam membangun gizi bangsa," Kata Ketua Gerakan Nelayan dan Tani Indonesia (GNTI) wilayah Provinsi Riau, Hj Dewi Juliani SH. Kamis 25 Januari 2024.

Hari Gizi Nasional ke-64 tahun 2024 mengangkat sub-tema “MP-ASI Kaya Protein Hewani Cegah Stunting” dengan slogan “MP-ASI Berkualitas untuk Generasi Emas”. 

 Hj Dewi Juliani SH menyarankan bahwa  sejalan dengan permasalahan yang masih menjadi masalah serius di Indonesia, yaitu stunting. Untuk itu, marilah sama-sama kita cegah dan tekan angka stunting itu dengan selalu konsumsi protein hewani," ujar Ketua Gerakan Nelayan dan Tani Indonesia (GNTI) wilayah Provinsi Riau, Hj Dewi Juliani SH.

Stunting, lanjutnya wanita yang juga merupakan Caleg DPR RI dari Partai PDI Perjuangan ini lagi adalah gangguan tumbuh kembang anak akibat kurang gizi kronis dan infeksi berulang yang ditandai dengan panjang atau tinggi badannya berada di bawah standar.

Salah satu upaya pencegahan stunting yang digalakkan pemerintah adalah memenuhi asupan protein hewani, seperti ikan, ayam, daging, dan telur," terangnya kembali 

Hal itu menurutnya karena protein hewani mengandung asam amino esensial yang lebih lengkap bagi tubuh. Artinya, semakin tinggi dan baik kualitas protein yang dikonsumsi, maka semakin tinggi juga kadar insulin sebagai mediator pembentukan matriks tulang," ungkap Dewi Juliani.